logo
×

Kamis, 25 Februari 2021

Sudutkan Anies, tapi Salah Pilih Foto

Sudutkan Anies, tapi Salah Pilih Foto

DEMOKRASI.CO.ID - GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat banyak kritik akhir-akhir ini. Penyebabnya adalah banjir hebat yang melanda ibu kota akhir pekan lalu. Kondisi itu ternyata juga dimanfaatkan pembuat hoax untuk menambah kegaduhan. Mereka menyebar foto Anies Baswedan sedang makan di warung, kemudian memberinya narasi bahwa sang gubernur malah sibuk makan pada saat Jakarta hampir tenggelam.

Jawa Pos menemukan gambar itu diunggah oleh akun Twitter @CanNarida pada 22 Februari 2021. Tampak Anies sedang makan di sebuah warung bersama sejumlah warga. Akun itu juga membubuhkan komentar yang provokatif, ”persiapkan diri ya nies, biar ada tenaga buat ngeles” (bit.do/SibukMakan).

Berbagai narasi itu terasa janggal lantaran Anies dan seluruh warga yang ada di warung tersebut tidak melaksanakan protokol kesehatan. Tak ada satu pun di antara mereka yang mengenakan masker. Seumua berdekatan alias tidak menjaga jarak. Sungguh tidak mencerminkan situasi pandemi Covid-19.

Penelusuran jejak digital menunjukkan bahwa foto tersebut pernah diunggah berbagai portal berita arus utama. Contohnya, news.detik.com yang menggunakan foto itu untuk memberitakan aktivitas pilkada DKI Jakarta pada 2016.

Saat itu, Anies yang menjadi calon gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Sandiaga Uno sedang berkampanye di Kampung Muka, Jakarta Utara. Anies menyempatkan diri mampir di sebuah warung tegal milik warga sekitar.

Artinya, foto Anies makan di warung itu diabadikan sebelum dia terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta. Sekaligus menunjukkan bahwa pembuat hoax asal comot foto untuk menyudutkan Anies. Anda dapat membacanya di bit.do/Foto2016.

Pada saat akun Twitter @CanNarida menyebar meme yang menyudutkan Anies itu, banjir di Jakarta justru mulai surut. Pada 22 Februari, portal Jawapos.com memberitakan bahwa banjir yang merendam sejumlah kawasan di Jakarta Selatan sudah surut seluruhnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji menjelaskan, banjir yang sempat menggenangi sejumlah wilayah di Jakarta Selatan hingga Senin (22/2) mulai surut. Begitu juga tempat-tempat pengungsian yang sudah kosong ditinggalkan warga. Mereka telah kembali ke rumah masing-masing.

”Pukul 06.00 WIB, kondisi banjir sudah tidak ada lagi, baik di Kelurahan Bintaro Komp IKPN dan Kelurahan Kuningan Barat,” katanya. Anda dapat membacanya di bit.do/JakselSurut.

FAKTA

Foto yang memperlihatkan Anies Baswedan sedang makan di sebuah warung diabadikan pada 2016. Saat itu dia belum terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta.[jpc]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: