logo
×

Rabu, 09 Maret 2022

Resmikan Operasi Bus Listrik, Anies Baswedan Klaim Pertama di Indonesia untuk Transportasi Umum

Resmikan Operasi Bus Listrik, Anies Baswedan Klaim Pertama di Indonesia untuk Transportasi Umum

DEMOKRASI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan pengoperasian bus listrik untuk rute Transjakarta.

Anies merinci, 30 bus listrik resmi digunakan secara bertahap untuk rute Transjakarta. “Ini adalah pengoperasian bus listrik pertama di Indonesia untuk transportasi umum,”bebernya.

Menurut Anies, jumlah bus listrik akan terus bertambah hingga 100 unit. “Ini langkah awal dari rencana pembangunan rendah karbon daerah yang berketahanan iklim, harapannya di 2030 semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa beroperasi dengan tenaga listrik,” jelasnya, dikutip dari laman Instagramnya, Rabu (9/3/2022).

Anies mengatakan, kemacetan dan polusi udara adalah dua tantangan besar yang dihadapi Kota Jakarta. Kedua masalah mobilitas tersebut diakibatkan oleh kegiatan kendaraan bermotor yang amat tinggi.

“Karena itu solusi yang ditawarkan ke masyarakat adalah dengan memfasilitasi kendaraan umum dengan sistem yang terintegrasi dan kendaraan umumnya berbasis listrik,” bebernya.

Peluncuran Bus Listrik ini adalah hasil kerja bersama yang dirintis sejak tahun 2018, bersama intsitusi internasional dan dukungan dari sektor swasta.

“Kita bekerja bersama dengan 4 institusi internasional, antara lain: United Nations Environment Programme (UNEP), Climate Technology Centre and Network, C40 Cities Network dan Kedubes Kerajaan Inggris, kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas kolaborasinya,”jelasnya. [fajar]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.

Komentar Pembaca