logo
×

Rabu, 27 Juli 2022

Reaksi Bareskrim Usai Irjen Fadil Imran Dituding 'Terima Suap' dari Ferdy Sambo di Data Wikipedia, Ternyata...

Reaksi Bareskrim Usai Irjen Fadil Imran Dituding 'Terima Suap' dari Ferdy Sambo di Data Wikipedia, Ternyata...

DEMOKRASI.CO.ID - Ramai diperbincangkan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. M. Fadil Imran dituding terima suap dari Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo di Wikipedia.

Keterangan biodata Irjen Pol. M. Fadil Imran dalam wikipedia tersebut diduga telah disunting oleh orang tak bertanggung jawab.

Terkait dugaan penyuntingan Wikipedia tersebut, Bareskrim Polri langsung bereaksi.

Awalnya kabar tersebut mencuat usai adanya laporan dari Sahabat Polisi Indonesia.

Laporan tersebut terregistrasi dengan nomor LP/B/3806/VII/2022/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 26 Juli 2022.

Dalam keterenga tersebut terpampang jelas tudingan yang mengarah Kapolda Metro Jaya.

"Saat ini Fadil diduga telah menerima suap dari [[Ferdy Sambo]] agar tidak menangkap dan menahan dirinya dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J Hutabarat di tahun 2022," demikian tulisan di profil Kapolda Metro Jaya di Wikipedia.

Menurut Organisasi Masyarakat (Ormas) Sobat Polri Indonesia (SPI), ini merupakan dugaan berita bohong alias hoax oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pihak SPI pun langsung membuat laporan terkait adanya berita tersebut di Wikipedia, Selasa 26 Juli 2022.

"Ini sangat-sangat nggak baik, enggak bagus ini, informasi liar yang akan menimbulkan opini publik yang enggak jelas. Makanya saya hari ini saya melaporkan penggunaan anonimnya," ujar Fonda kepada wartawan, Selasa 26 Juli 2022.

Dalam laporan itu, Fonda juga menyebut bahwa pihaknya menerapkan pasal terkait penyebaran berita bohong terhadap pemilik akun anonim yang menyunting Wikipedia tersebut.

"Saya laporkan hari ini dengan dugaan Pasal 14 Ayat 2 dan pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Penyebaran Berita Bohong yang menimbulkan kegaduhan," jelas Fonda.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kemudian berikan tanggapan.

Ia menyebut bahwa kasus ini sedang didalami oleh tim penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

"Ya, didalami oleh siber dulu," kata Dedi kepada wartawan, Selasa 26 Juli2 2022.

Kendati begitu, Dedi enggan berikan penjelasan detail terkait pembahasan soal kasus ini

Momen Fadil Imran berpelukan dengan Ferdy Sambo

Sebelumnya, beredar di jejarian pesan Whatsapp Group sebuah video yang memperlihatkan Irjen Pol Ferdy Sambo dipeluk Kapolda Metro Jaya.

Dalam video yang memperlihatkan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo dipeluk Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Ferdy Sambo, terjadi saat Kapolda Metro Jaya mendatangi ruangan kerja dari Kadiv Propam.

Saat tim disway.id menerima video tersebut pada Kamis 14 Juli, terlihat momen mengharukan, di mana saat kedatangan Kapolda Metro Jaya, diawali dengan bersalaman dan langsung memeluk Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai ungkapan turut simpati dan memberikan semangat atas kasus yang sedang terjadi saat ini.



Sayangnya di video Irjen Pol Ferdy Sambo dipeluk Kapolda Metro Jaya yang berdurasi 24 detik dan diterima oleh para rekan media lewat aplikasi Whatsapp Group ini tidak ada keterangan atau pernyataan dari kedua petinggi Polri Tersebut. [disway]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: