logo
×

Rabu, 27 Juli 2022

Rusia Akan Putus Kerjasama Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan Amerika

Rusia Akan Putus Kerjasama Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan Amerika

DEMOKRASI.CO.ID - Kerjasama Rusia Amerika terkait badan antariksa di bulan, stasiun luar angkasa internasional akan berakhir 2024. Rusia melaporkan akan memutus kerjasama tersebut saat kontrak kerjasama berakhir. 

“Keputusan untuk meninggalkan stasiun setelah 2024 telah dibuat,” kata Yuri Borisov, yang ditunjuk bulan ini untuk menjalankan Roscosmos, sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas program luar angkasa negara itu.

Borisov mengatakan, dia memberi tahu Putin bahwa Rusia akan memenuhi komitmennya hingga 2024 dan mengalihkan fokusnya ke stasiun luar angkasa independen yang belum dibangun. 

“Saya pikir, pada saat ini, kita akan mulai membentuk stasiun orbital Rusia,” katanya.

Putin menjawab: “Bagus.”

Dengan meningkatnya ketegangan antara Washington dan Moskow setelah invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari, pejabat antariksa Rusia termasuk Dmitry Rogozin, pendahulu Borisov, telah membuat deklarasi dalam beberapa bulan terakhir bahwa Rusia berencana untuk pergi. 

Tetapi mereka semua meninggalkan ambiguitas tentang kapan itu akan terjadi atau apakah keputusan akhir telah dibuat.

Jika Rusia menindaklanjuti, itu bisa mempercepat akhir dari proyek yang telah dihabiskan NASA sekitar $100 miliar selama seperempat abad terakhir dan memicu perebutan apa yang harus dilakukan selanjutnya. 

Stasiun luar angkasa, kemitraan dengan Rusia yang juga melibatkan Kanada, Eropa dan Jepang, adalah kunci untuk mempelajari efek tanpa bobot dan radiasi pada kesehatan manusia - penelitian yang masih belum selesai tetapi diperlukan sebelum astronot memulai perjalanan lebih lama ke Mars. 

Ini juga telah berubah menjadi tempat uji coba untuk penggunaan ruang komersial, termasuk kunjungan oleh warga negara kaya dan pembuatan serat optik dengan kemurnian tinggi.

Sementara itu, seorang pejabat di Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat belum menerima pemberitahuan resmi dari Rusia bahwa mereka akan menarik diri dari stasiun luar angkasa, meskipun para pejabat telah melihat komentar publik.

“Kami sedang menjajaki opsi untuk mengurangi potensi dampak pada I.S.S. melampaui 2024 jika Rusia mundur,” kata John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional. [disway]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: