logo
×

Selasa, 12 Juli 2022

Zulhas Beri Contoh Buruk dengan Kampanyekan Puterinya Saat Bertugas, Jokowi Harus Beri Teguran

Zulhas Beri Contoh Buruk dengan Kampanyekan Puterinya Saat Bertugas, Jokowi Harus Beri Teguran

DEMOKRASI.CO.ID - Tindakan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, yang berkampanye untuk anaknya saat sosialisasi harga minyak goreng (migor) dianggap tidak etis. Bahkan berpotensi menyalahgunakan jabatan dan memberi contoh buruk ke masyarakat.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk menegur sekaligus mengingatkan anak buahnya itu agar tidak mengulang perbuatannya di kemudian hari.

"Ini contoh yang tidak baik bagi publik dalam kerangka good governance. Dukungan publik kepada pemerintah akan lemah kalau ini terus dilakukan,” tegas Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto, dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (12/7).

Menurut Mulyanto, Mendag Zulhas sebagai pejabat publik harus lebih bijaksana terkait dengan sosialisasi migor Minyakita. Bukan justru menggunakan program tersebut untuk kepentingan politik pribadi dan keluarga.

Lebih lanjut, Mulyanto minta Mendag tidak mencampuradukan urusan pengelolaan negara dengan urusan politik pribadi atau keluarga. Jangan sampai program migor Minyakita ini menuai pesimisme publik.  

"Kita tidak menginginkan hal itu," tegas anggota Komisi VII DPR RI ini.

Mulyanto menambahkan, sebaiknya Mendag fokus mendistribusikan Minyakita ke daerah remote khususnya Wilayah Indonesia Timur, yang selama ini tidak terjangkau migor curah. Sehingga di daerah tersebut benar-benar harga migor bisa mencapai HET.

"Keunggulan migor Minyakita, yang terkemas secara sederhana tersebut, adalah dapat disimpan lebih lama dan dengan jangkauan distribusi yang luas. Mendag jangan mendistribusikannya di wilayah yang justru mudah terjangkau migor curah biasa. Ini kan tidak konsisten," pungkasnya.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), mendapat kritik karena mengampanyekan anaknya, Futri Zulya Savitri, saat mengunjungi pasar murah minyak goreng yang digelar di Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung, Sabtu lalu (9/7).

Awalnya, Zulhas membagikan migor curah kemasan secara gratis di pasar murah Kecamatan Teluk Betung Timur. Tapi selanjutnya ia mengajak para peserta acara mendukung putrinya yang akan maju menjadi salah satu kontestan di Pileg dan Pilkada 2024.  [rmol]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: