logo
×

Minggu, 07 Agustus 2022

Kompolnas Sebut Penempatan Khusus Ferdy Sambo di Mako Brimob Sesuai Aturan

Kompolnas Sebut Penempatan Khusus Ferdy Sambo di Mako Brimob Sesuai Aturan

DEMOKRASI.CO.ID - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) merespons soal penempatan khusus eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Ferdy Sambo ditempatkan secara khusus lantaran diduga melanggar kode etik terkait olah tempat kejadian perkara (TKP) di perkara Brigadir J.

Anggota Kompolnas Benny Mamoto menyebut hal itu sesuai dengan Peraturan Kepolisian No 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Polri. Hal itu tertuang dalam Pasal 98.

"Perpol No 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Polri di Pasal 98," kata Benny Mamoto kepada detikcom, Minggu (7/8/2022).

Menurut Benny, keputusan Polri untuk memindahkan Ferdy Sambo ke tempat khusus itu tentunya sudah melalui pertimbangan yang sesuai. Dalam hal ini, Tim Khusus memilih Markas Komando (Mako) Brigade Mobil (Brimob) Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Tim Khusus tentunya memiliki pertimbangan sendiri dalam menetapkan di mana tempat khusus yang di pilih," jelas Benny.

Adapun penempatan Sambo di Mako Brimob, kata Benny, merupakan hal yang berhubungan dengan proses pemeriksaan. Benny menilai penempatan itu bertujuan untuk memperlancar proses pemeriksaan.

"Semua itu tentunya untuk kelancaran proses pemeriksaan," tuturnya.

Ferdy Sambo Ditempatkan di Mako Brimob 30 Hari

Diberitakan sebelumnya, Inspektorat Khusus (Itsus) Polri menempatkan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob selama 30 hari. Hal itu terkait pemeriksaan dugaan pelanggaran etik yang diduga dilakukan Ferdy Sambo.

"Tiga puluh hari ke depan info dari itsus," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (7/8/2022).

Seperti diketahui, Ferdy Sambo diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam penanganan kasus tewasnya Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Dia disebut tidak profesional dalam hal pengambilan CCTV.

Hal itu disampaikan Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo dalam jumpa pers Sabtu (6/8). Dia menjelaskan hasil pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo oleh Pengawasan dan Pemeriksaan Khusus (Wasriksus) atau Inspektorat Khusus (Irsus).

"Dari hasil kegiatan pemeriksaan tim gabungan, Wasriksus, terhadap perbuatan Irjen FS yang diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam penanganan tindak pidana meninggalnya Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri," ujar Dedi.

Dari hasil pemeriksaan Irsus terhadap sekitar 10 saksi dan beberapa bukti, Irjen Ferdy diduga melakukan pelanggaran terkait menyangkut masalah ketidakprofesionalan di dalam olah TKP.

"Oleh karenanya, pada malam hari ini yang bersangkutan langsung ditempatkan di tempat khusus, yaitu di Kor Brimob Polri. Ini masih berproses," lanjutnya.

Dedi menyebut Irjen Ferdy dibawa ke Mako Brimob pada kemarin sore. Dia mengaku hal itu merupakan arahan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

"Proses ini betul-betul berjalan secara independen kemudian secara akuntabel dan prosesnya harus cepat. Ini sesuai dengan perintah Bapak Kapolri. Kita lebih fokus ke timsusnya karena timsus ini pro justitia, apa yang dilakukan semuanya memiliki pertanggungjawaban keadilan," jawab Dedi.[detik]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: