logo
×

Jumat, 19 Agustus 2022

Menteri ESDM Bersuara soal Jokowi Naikkan Harga Pertalite Minggu Depan

Menteri ESDM Bersuara soal Jokowi Naikkan Harga Pertalite Minggu Depan

DEMOKRASI.CO.ID - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif angkat suara terkait rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) pertalite dan solar yang bakal diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan depan.

"Harap tunggu saja minggu depan ya," ujarnya singkat melalui pesan kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/8).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengungkapkan presiden bakal mengumumkan kenaikan harga BBM pekan depan.

"Mungkin minggu depan presiden akan mengumumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini," ujar Luhut dalam kuliah umum di Universitas Hasanudin, Jumat (18/7).

Menurutnya alasan utama Jokowi menaikkan harga pertalite adalah keuangan negara yang hampir jebol. Maklum, subsidi energi yang harus ditanggung negara akibat kenaikan harga minyak dunia belakangan ini mencapai Rp502 triliun. 

"Jadi presiden sudah mengindikasikan, tidak mungkin kita pertahankan demikian, karena harga BBM kita termurah sekawasan dan itu beban untuk APBN," jelasnya.

Luhut mengakui menaikkan harga BBM buka pilihan mudah. Pemerintah dihadapkan pada ancaman lonjakan inflasi, penurunan daya beli dan kinerja ekonomi. [cnn] 

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: