logo
×

Selasa, 30 Agustus 2022

UMKM di Makassar Terancam Bangkrut Gegara Telur dan Terigu Mahal

UMKM di Makassar Terancam Bangkrut Gegara Telur dan Terigu Mahal

DEMOKRASI.CO.ID -Sejumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sektor kuliner di Makassar, Sulawesi Selatan, terancam bangkrut akibat lonjakan harga telur dan tepung terigu.

Harga telur ayam ras di Pasar Toddopuli hingga kini masih dijual Rp60 ribu per rak, dan telur bebek Rp90 ribu per rak. Sedangkan untuk harga tepung terigu dijual Rp10 ribu per kg, naik Rp1.000 dari sebelumnya Rp9.000 per kg.

Akibat lonjakan harga tersebut, keuntungan yang diperoleh UMKM sektor pangan khususnya pedagang kue menurun.

"Kalau berhitung dari segi keuntungan akibat kenaikan telur ini menurun keuntungannya," kata pelaku UMKM kuliner Andi Hajrah Murni, Selasa (30/8).

Ia mengaku biasanya membeli telur 1 raknya Rp55 ribu, namun kini ia harus merogoh kocek Rp60 ribu untuk 1 rak telur.

"Jadi jelas sekali kenaikannya, yah. Kalau sekarang saya tidak bisa menurunkan kualitas atau mengubah ukurannya, yah, karena untuk produk kita agak susah diubah. Jadi saya tetap bertahan dengan ukuran yang selama ini saya pake, itu diameter 20 cm, sama komposisi juga saya tidak ada ubah," jelasnya.

Hajra mengaku harus putar otak agar dapat tetap bertahan di tengah naiknya harga telur. Meski keuntungan yang didapat dari usahanya bakal menurun.

"Jadi, saya akui yah, keuntungannya juga bakal menurun, tapi saya berpikir, ini kenaikan telur anggaplah subsidi silang yah, karena kalau biasanya telur itu fluktuatif harganya. Karena pernah juga pengalaman seperti ini, harga Rp60 ribu, kemudian turun jadi harga Rp50 ribu kembali," ungkapnya.

Meski harga telur naik, Hajra mengaku tak ingin menaikkan harga produk karena takut kehilangan pelanggannya. Sehingga ia tetap mempertahankan harga.

"Kalau saya mau naikkan lagi, apa lagi disusul dengan semua bahan pokok naik, itu tidak mungkin, pelanggan saya akan lari. Ini selain harga telur yang sangat menonjol kenaikannya, bahan baku lainnya yang terasa sangat naik juga tepung terigu," pungkasnya.

Terpisah, salah satu pedagang bernama Yusuf mengaku harga telur saat ini per raknya seharga Rp60 ribu dan harga tepung terigu Rp10 ribu per kg.

"Harga telur sekarang satu raknya Rp60 ribu, dulu Rp45 ribu, naik sekali harganya. Telur bebek dulu Rp60 ribu sekarang jadi Rp90 ribu per rak. Ini naiknya sudah dua pekan lalu, selain telur terigu juga naik. Sekarang Rp10 ribu per kg, dulu Rp9.000," kata Yusuf.[cnn] 

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: