logo
×

Jumat, 25 November 2022

Polisi Ungkap Penyebab Baintelkam Bareskrim Polri Terbakar

Polisi Ungkap Penyebab Baintelkam Bareskrim Polri Terbakar

DEMOKRASI.CO.ID - Kayanma Polri Kombes Pol Yudi Sulistyo menuturkan sumber api berasal dari ruang server Baintelkam Polri.

Yudi Sulistyo menuturkan asap berasal dari baterai yang terbakar di ruang server. Terjadi gesekan dan korsleting saat petugas teknisi membongkar alat tersebut untuk dipindahkan.

"Komponennya ada baterai yang terbakar, karena terjadi gesekan hingga korsleting," katanya saat dihubungi TV One, Kamis (24/11/2022).

Lebih lanjut Yudi menuturkan ruangan Baintelkam itu memang berencana akan dibongkar hingga harus dikosongkan pada 2023 nanti.

Peristiwa tersebut terjadi saat dua teknisi dari vendor yang ditugaskan membongkar ruang server hingga terjadi gesekan baterai di dalamnya dan menimbulkan kepulan asap tebal.

"Saat ini sudah tidak ada lagi kepulan asap, kita akan upayakan tarik menggunakan crane untuk mengangkat alat tersebut karena beratnya mencapai 200-300 kilogram," katanya. 

Sementara untuk dua petugas yang terkena ledakan saat ini sudah kembali ke kediamannya.

"Kondisi baik cuma agak pendengaran terganggu. Sekarang sudah pulang ke kediamannya," katanya.

Damkar DKI Terjunkan Robotik untuk Mengurai Asap

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Satriadi pastikan sudah tidak ada titik api di ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (24/11/2022) malam.

Saat dihubungi tvOne Satriadi mengatakan saat ini hanya tinggal kepulan asap yang masih memenuhi ruangan Baintelkam Bareskrim Polri.

"Sudah tidak ada titik api, hanya tinggal kepulan asap masih tebal di ruangan," katanya tadi malam.

Sumber kepulan asap diduga berasal dari kabel UPS yang terbakar di ruangan Baintelkam. Damkar masih berusaha mengurai asap tebal dalam ruangan.

"Kami terjunkan LUP 60 Robotik untuk menarik asap. Kita khawatirkan terjadi perambatan, kita pastikan asap semua tertarik," katanya.

Satriadi belum memastikan apakah ada dokumen atau jumlah ruangan yang terdampak dalam kebakaran tersebut.

15 Unit Damkar Dikerahkan

Kebakaran dilaporkan terjadi di salah satu ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam), Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (24/11/2022) malam.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan, sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke Bareskrim Polri.


Adapun personel damkar yang diturunkan ke lokasi sebanyak 65 personel.

Api sempat padam dalam waktu cepat, namun api kembali menyala dan asap tebal tampak keluar dari ruang Baintelkam.

"Asap tebal, (sedang) proses pemadaman," katanya. [tvonenews]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: