logo
×

Sabtu, 21 Januari 2023

KPK Tetapkan Mensos Risma Jadi Tersangka Skandal Beras Bansos, Apa Benar?

KPK Tetapkan Mensos Risma Jadi Tersangka Skandal Beras Bansos, Apa Benar?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 19 Januari 2023. 

Video itu disertai sampul dan judul yang menarasikan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Risma sebagai tersangka skandal beras bantuan sosial (bansos). 

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

KEMENSOS MARAH-MARAH SCANDAL BERAS BANSOS KPK TETAPKAN RISMA TERSANGKA

BREAKING NEWS ~ KPK TERUS TELUSURI SKANDAL BANSOS!! RISMA TERSERAT!!

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait KPK menetapkan Mensos Risma sebagai tersangka skandal beras bansos. 

Narator dalam video membacakan narasi yang sesuai dengan artikel Editornews.id berjudul "BPK Temukan 10.249 Direksi Perusahaan Terima Bansos Hal Ini Tidak Tepat Sasaran, Kok Bisa?" tayang pada 14 Januari 2023. 

Artikel itu membahas temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait penerima bansos yang dinilai tidak tepat sasaran. Menanggapi hal tersebut, Kemensos telah membekukan data terkait dan mengeluarkannya dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Dengan demikian, video dengan narasi KPK menetapkan Mensos Risma sebagai tersangka skandal beras bansos adalah tidak benar. Faktanya, pembahasan video tidak sesuai dengan narasi tersebut. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: