logo
×

Selasa, 17 Januari 2023

Megawati Tak Terburu-buru Putuskan Capres, NasDem: Seandainya Kami Sebesar PDIP, akan Umumkan Capres 10 Menit Jelang Pendaftaran Ditutup

Megawati Tak Terburu-buru Putuskan Capres, NasDem: Seandainya Kami Sebesar PDIP, akan Umumkan Capres 10 Menit Jelang Pendaftaran Ditutup

DEMOKRASI.CO.ID - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memuji Megawati tak tergesa-gesa dalam mendeklarasikan Capres PDIP.

Hermawi mengatakan bahwa kondisi Partai NasDem dengan PDIP tentu berbeda. PDIP boleh saja berlama-lama mendeklarasikan Capres, akan tetapi Partai besutan Surya Paloh tak bisa seperti itu.

Pasalnya, Partai NasDem harus segera mencari teman koalisi untuk memenuhi syarat presidential threshold 20 persen. Sementara PDIP bisa mengusung Capres-Cawapres sendiri, tanpa berkoalisi.

"Kita tahu PDIP itu kapan pun bisa (deklarasi Capres). Satu jam menjelang penutupan pendaftaran di KPU juga bisa, karena dia bisa sendiri (mengusung capres)," ujar Hermawi dalam acara Adu Perspektif detik.com, Senin (16/1/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan, Partai NasDem bisa saja berlama-lama mendeklarasikan Capres jika partai besutan Surya Paloh itu memenuhi syarat presidential threshold 20 persen tanpa koalisi dengan partai politik lain.

"Seandainya, NasDem sebesar PDIP kalau perlu kami 10 menit menjelang tutup pendaftaran juga kami baru menyebut calon kami," tegasnya.

Hermawi menjelaskan, alasan Partai NasDem segera mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 agar bisa lebih cepat mengenalkannya kepada publik.

Tak hanya itu, NasDem juga ingin segera mendapatkan teman berkoalisi di Pilpres 2024 mendatang.

Jokowi Puji Megawati

Sebelumnya Presiden Jokowi memuji sikap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang dinilainya tak terburu-buru dalam menentukan sosok Capres 2024.

Jokowi mengatakan, Megawati tidak seperti sejumlah pihak lain yang akan goyah bila dipengaruhi oleh orang lain.

"Yang saya senang, mohon maaf Bu Mega, Bu Mega dalam memutuskan betul-betul sangat hati-hati," kata Jokowi dalam acara peringatan HUT ke-50 PDI-P di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1) lalu.

"Betul-betul tenang dan tidak grusa-grusu seperti yang lain-lainnya, didesak-desak dari mana pun tidak goyah," imbuh dia.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: