logo
×

Kamis, 26 Januari 2023

Negeri Jiran Larang Warga Indonesia Masuk Malaysia Baru-baru Ini, Apa Benar?

Negeri Jiran Larang Warga Indonesia Masuk Malaysia Baru-baru Ini, Apa Benar?

DEMOKRASI.CO.ID - Video terkait negeri Jiran Malaysia beredar di media sosial lewat pengguna akun Facebook yang dibagikan pada 16 Januari 2023. 

Narasi video seolah mengeklaim bahwa baru-baru ini Malaysia melarang warga Indonesia masuk ke negaranya. 

"VIRAL-TERIKINI !! LARANG WARGA INDONESIA MASUK NEGARANYA MALAYSIA !!" tulis akun tersebut dalam keterangan video. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar Malaysia melarang warga Indonesia masuk ke negaranya baru-baru ini. 

Narator dalam video membacakan narasi yang sesuai dengan artikel VIVA.co.id berjudul "Larang Warga Indonesia Masuk, Malaysia Kerahkan Tentara ke Perbatasan", tayang pada 2 September 2020. 

Dalam artikel disebutkan, Malaysia membuat kebijakan tersebut pada September 2020 akibat pandemi Covid-19. Pada 7 September 2020, Malaysia melarang warga asing masuk ke negaranya, terutama dari Indonesia, India, dan Filipina. 

Untuk mencegah masuknya warga asing, Malaysia mengerah empat ribuan tentara nasional di perbatasan. Selain itu, Kemenhan Malaysia sudah memulangkan 20 ribu warga asing ke negaranya masing-masing termasuk ke Indonesia. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Malaysia melarang warga Indonesia masuk ke negaranya baru-baru ini adalah keliru. Faktanya, kebijakan itu diberlakukan pada 2020 saat pandemi Covid-19. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: