logo
×

Sabtu, 21 Januari 2023

PDIP Puji Heru Budi Bangun Turap Kali Pesanggrahan: Gubernur Sebelumnya Tidak Pernah Ada Tindak Lanjut, Saya Gemas Melihatnya

PDIP Puji Heru Budi Bangun Turap Kali Pesanggrahan: Gubernur Sebelumnya Tidak Pernah Ada Tindak Lanjut, Saya Gemas Melihatnya

DEMOKRASI.CO.ID - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Hardiyanto Kenneth mendukung tindakan Penjabat (pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang ingin membangun turap atau sheet pile di Kali Pesanggrahan, Jakarta Barat sepanjang 1,4 kilometer. Ia menilai program tersebut akan mengatasi banjir di lokasi.

Menurutnya, wilayah Kembangan yang dilintasi Kali Pesanggrahan itu sering dilanda banjir ketika hujan deras melanda karena air kiriman dari Bogor. Warga pun sudah lama menantikan adanya terobosan guna mencegah banjir.

"Saya mengapresiasi kehadiran Pj Gubernur Pak Heru di Jalan H. Briti dan dengan saya mau bersama sama melihat dinamika di lapangan, kemudian berkomitmen akan menormalisasi Kali Pesanggrahan yang melewati Jalan Haji Briti Kembangan, Jakarta Barat ini," tutur Kenneth kepada wartawan, Jumat (20/1/2023).

Ia mengaku sering melakukan kunjungan di Jalan Haji Briti yang kerap kebanjiran, jika ada air kiriman dari Bogor. Menurutnya, permasalahan ini sudah terjadi dari sejak beberapa era gubernur sebelumnya, dan tak pernah terselesaikan dengan baik.

"Berdasarkan hasil reses (Serap Aspirasi Masyarakat) saya berkali-kali disini, permasalahan turap di Kali Pesanggarahan segmen Jalan Haji Briti ini tak pernah selesai, dan tidak pernah ada tindaklanjut dari era-era gubernur sebelumnya. Saya gemas melihat permasalahan ini yang terlalu bertele tele, dan tak pernah kunjung selesai," ucapnya.

Ia menjelaskan banjir tersebut diakibatkan adanya air kiriman dari Bogor yang membuat Kali Pesanggarahan meluap, ditambah lagi belum di sheet pilenya pinggiran Kali Pesanggrahan segmen Haji Briti itu, sehingga luapan air bisa sepanjang 7 kilometer sampai ke Pasar Puri Kembangan, perempatan lampu merah puri hingga pinggiran tol kedoya.

"Ditambah lagi karena kondisi bantaran kali sekitaran Haji Briti yang belum di tutup dengan sheet pile sepanjang 3 km yang dampaknya luapan air kali akibat kiriman dari Bogor ini bisa sampai ke pasar puri, perempatan puri dan sampai ke pinggiran tol kedoya sehingga membuat lalu lintas di sekitaran wilayah ini menjadi lumpuh," ungkapnya.

Ia meminta Pemprov DKI segera melakukan revisi gambar penlok dan trase harus lantaran Kali Pesanggrahan sudah menyempit dari lebar awal sekitar 15 sampai 20 meter. Dalam proses pembangunan sheetpile itu tak tertutup kemungkinan akan adanya pembebasan lahan dan relokasi di permukiman warga.

"Jadi warga mengkhawatirkan akan banyak sekali rumah warga yang seharusnya tidak terkena relokasi malah akan terkena dampaknya, warga juga pernah menyampaikan kepada saya pada saat acara reses ini,” katanya.

Diketahui, Heru Budi Hartono menginstruksikan jajarannya di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk membangun tanggul atau sheet pile di Kali Pesanggrahan, Kelurahan Kembangan Selatan, Jakarta Barat. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: