logo
×

Rabu, 25 Januari 2023

Sampaikan Ceramah Provokatif, Benarkah PBNU Copot Gelar Ustaz Cak Nun?

Sampaikan Ceramah Provokatif, Benarkah PBNU Copot Gelar Ustaz Cak Nun?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 23 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan bahwa Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mencopot gelar ustaz Cak Nun usai memberikan ceramah provokatif. 

"GELAR USTADNYA RESMI DI COPOT PBNU SIKAPI TEGAS CERAMAH PROVOKASI CAK NUN," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"GELAR USTADNYA DI COPOT, PBNU SIKAPI TEGAS CERAMAH PROVOKASI CAK NUN !!" demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar PBNU mencopot gelar ustaz Cak Nun usai memberikan ceramah provokatif. 

Video menarasikan sebuah artikel opini dari Seword.com dengan judul "Cak Nun, Mereka Nggak Terima Presiden Jokowi Sampeyan Hina, Sampai Ada yang Nangis Loh!" tayang pada 21 Januari 2023. 

Artikel itu membahas salah satu reaksi seorang pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap pernyataan Cak Nun yang menyebut orang nomor satu di Indonesia itu Firaun. Disebutkan bahwa orang tersebut sampai menangis ketika mendengar Jokowi dihina. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi PBNU mencopot gelar ustaz Cak Nun adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi resmi yang menyatakan demikian. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: