logo
×

Senin, 30 Januari 2023

Teriak-teriak Wali Songo Itu Bangsa China, Ngabalin Diskakmat Sejarawan: Mereka Itu Masih Keturunan Nabi Muhammad!

Teriak-teriak Wali Songo Itu Bangsa China, Ngabalin Diskakmat Sejarawan: Mereka Itu Masih Keturunan Nabi Muhammad!

DEMOKRASI.CO.ID - Nama Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, tengah menjadi perbincangan hangat netizen karena pernyataannya yang mengatakan kalau Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa merupakan bangsa China.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Ngabalin mengatakan, “Baca itu sejarah Wali Songo yang dipuja-puja oleh orang Islam. Itu bangsa apa? Bangsa China! Main-main. Coba lihat itu, Sunan siapa, Sunan Ampel, Sunan Bonang. Lihat itu Admiral Cheng Ho, siapa itu?”

“Kenapa ragu? Tidak usah ragu. Itu bukan sebuah sebutan penghinaan. Bangga sebut ‘I’m the people the Republik of China’. I’m China, my father is China, my mather is China, the people of China but I’m Indonesian, citizen Indonesian, kau mau apa sama saya?” imbuhnya.

Sementara itu, dilansir Populis.id dari berbagai sumber, sejarawan yang bernama Muhammad Iskandar pernah menjelaskan kalau Wali Songo merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW.

Ia menyebut bahwa Wali Songo adalah keturunan habaib dari marga Adzmatkhan. “Jika ditelusuri mereka itu masih keturunan Nabi Muhammad SAW,” kata Iskandar.

Pengamat Sejarah Universitas Indonesia itu mengatakan bahwa garis keturunan Wali Songo itu berasal dari putri Nabi Muhammad SAW, Sayyidina Fatimah RA, yang dimulai oleh Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim.

Iskandar menyampaikan, “Ya Itu masih ada keturunan dari Fatimah RA, itu kan Maulana Malik Ibrahim itu keturunan ke-22 Nabi Muhammad SAW.”

Nasab As-Sayyid Maulana Malik Ibrahim sendiri tercantum di catatan As-Sayyid Bahruddin Ba’alawi Al-Husaini yang kumpulan catatannya itu dibukukan dala Ensiklopedi Nasab Ahlul Bait dengan beberapa jilid.

Dalam catatan itu tertulis, “As-Sayyid Maulana Malik Ibrahim bin As-Sayyid Barakat Zainal Alam bin As-Sayyid Husain Jamaluddin bin As-Sayyid Ahmad Jalaluddin bin As-Sayyid Abdullah bin As-Sayyid Abdul Malik Azmatkhan bin As-Sayyid Alwi Ammil Faqih bin As-Sayyid Muhammad Shahib Mirbath bin As-Sayyid Ali Khali’ Qasam bin As-Sayyid Alwi bin As-Sayyid Muhammad bin As-Sayyid Alwi bin As-Sayyid Ubaidillah bin Al-Imam Ahmad Al-Muhajir bin Al-Imam Isa bin Al-Imam Muhammad bin Al-Imam Ali Al-Uraidhi bin Al-Imam Ja’far Shadiq bin Al-Imam Muhammad Al-Baqir bin Al-Imam Ali Zainal Abidin bin Al-Imam Al-Husain bin Sayyidah Fathimah Az-Zahra/Ali bin Abi Thalib, binti Nabi Muhammad Rasulullah.”

Sunan Gresik diperkirakan lahir pada paruh awal abad ke-14 di Samarkand yang berada di Asia Tengah. Babad Tanah Jawi versi Meinsma menyebutnya Asmarakandi, menuruti pengucapan lidah Jawa terhadap As-Samarqandy.

“Lalu sunan-sunan yang lainnya, mereka masih keturunan Fathimah RA, banyak hal yang tidak diketahui sama muslim itu sendiri di Indonesia,” pungkasnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: