logo
×

Rabu, 25 Januari 2023

Tunduk Pada Jokowi, Benarkah Surya Paloh Resmi Batalkan Pencapresan Anies Baswedan?

Tunduk Pada Jokowi, Benarkah Surya Paloh Resmi Batalkan Pencapresan Anies Baswedan?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 21 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Surya Paloh resmi membatalkan pencapresan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena tunduk kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"AKHIRNYA PALOH TUNDUK PADA JOKOWI PEMBATALAN PENCAPRESAN ANIES RESMI DI LONDON," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

HOTNEWS??KEHANCURAN NASDEM DI DEPAN MATA!! PEMBATALAN PENCAPRESAN ANIES RESMI DI LONDON!!" demikian judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Surya Paloh resmi membatalkan pencapresan Anies karena tunduk kepada Jokowi. 

Video membahas asumsi mantan elite Partai NasDem Zulfan Lindan soal pertemuan Surya Paloh dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di London, Inggris. Ia menduga pertemuan itu salah satunya untuk membahas soal Pemilu 2024. 

Narasi yang disampaikan sesuai dengan artikel Metro.suara.com dengan judul "Punya Masa Lalu Begini Bikin Surya Paloh Takut Dijauhi Jokowi, sampai Rela Ketemu 'Kawan Lama' Luhut", tayang pada 19 Januari 2023. 

Dengan demikian, video dengan narasi Surya Paloh resmi membatalkan pencapresan Anies karena tunduk kepada Jokowi adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada narasi terkait dalam pembahasan video. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: