logo
×

Minggu, 19 Februari 2023

Dicap Politik Identitas dan Jadi Bumerang di Pilpres 2024, Pengamat Heran Anies Baswedan Terima Dukungan dari Partai Ummat, Hmm...

Dicap Politik Identitas dan Jadi Bumerang di Pilpres 2024, Pengamat Heran Anies Baswedan Terima Dukungan dari Partai Ummat, Hmm...

DEMOKRASI.CO.ID - Pengamat politik Universitas UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, ikut memberikan tanggapan soal label politik identitas yang melekat di sosok eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan ia juga menilai bahwa citra tersebut bisa jadi ancaman yang serius.

"Satu sisi Anies terlihat ingin menjauh dari isu yang berbau politik identitas," kata Adi saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (17/2).

Namun di sisi lain, ia melihat isu tersebut digunaakan Partai Ummat sebagai salah satu instrumen dalam merebut kemenangan. Dukungan partai Ummat bisa berbahaya jika menyeret Anies Baswedan yang sedang menjadi primadona.

"Saat bersamaan partai Ummat menggaungkan politik identitas. Ada kebingungan yang ditangkap publik. Kalau emang pengen menjauh dari politik identitas enggak perlu datang ke Partai Ummat," jelasnya.

Lebih lanjut Adi menilai manuver 'halus' NasDem menjalin komunikasi dengan sejumlah partai semata-mata untuk memperkuat koalisi yang sedang dibangun oleh Surya Paloh sebagai inisiator pencalonan Anies Baswedan.

"Anies agak beda dengan partai Ummat yang suka menyerang Jokowi, sejak dideklarasikan sebagai capres dari NasDem, sekalipun dianggap sebagai antitesa Jokowi, Anies tidak pernah frontal, Anies tidak pernah terbuka menyerang Jokowi," pungkasnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: