logo
×

Sabtu, 18 Februari 2023

Dikepung Ibu-ibu Pedagang Terapung Banjarmasin, Anies: Tak Kenal Takut!

Dikepung Ibu-ibu Pedagang Terapung Banjarmasin, Anies: Tak Kenal Takut!

DEMOKRASI.CO.ID - Bakal Calon Presiden Partai Nasdem Anies Baswedan mengunggah momen saat dirinya bertemu dengan ibu-ibu pedagang perahu tradisional yang berada di Kalimantan Selatan. 

Momen tersebut dibagikan Anies dalam akun Instagram resminya, terlihat mantan Gubernur DKI Jakarta itu duduk dan ngobrol santai dengan ibu-ibu pedagang disana.

“‘Saya lahir di sini, sudah biasa. Nggak takut lah,’ kata seorang ibu sambil berdiri di atas jukung, menawarkan dagangannya di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar, Kalimantan Selatan,” keterangan foto Anies yang dilansir Populis.id dari akun Instagramnya pada Sabtu (18/2/2023).

Anies menjelaskan bahwa puluhan Jukung, perahu tradisional yang biasa digunakan masyarakat di sekitar Sungai Martapura akan berkumpul setiap pagi di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar, Kalimantan Selatan.

Pedagang yang mayoritasnya merupakan ibu-ibu, akan berlomba menawarkan dagangannya. Meskipun, perahunya sering saling bertabrakan, mereka sigap mengambil posisi menstabilkan perahu atau menunduk menghindari himpitan perahu yang lebih besar. 

Ia menilai hal itu, tidak kenal takut.

Baca Juga: Sebut Prabowo, Erick Thohir, Mahfud Md, Sandiaga Uno dan AHY Sebagai Sosok Capres Cawapres, Jokowi Nggak Singgung Anies, Kenapa?

Pasar Terapung tersebut sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Budaya Banjar, memang identik dengan kehidupan sungai. Kedua pedagang dari dua sisi Sungai Martapura yang lebar, bertemu di tengah untuk saling menjajakan dagangannya. 

Menurutnya, Sistem barter masih bisa kita jumpai di sini.

“Kami menyusuri Sungai Martapura, yang menarik, rumah-rumah di bantaran sungai ini menghadap ke sungai. Mereka tidak menjadikan sungai bagian belakang rumah, tetapi jadi beranda rumah. Masyarakat Banjar sangat menjaga sungainya sebagai bagian dari kehidupannya,” katanya.

“Falsafah hidup Urang Banjar dalam menjaga sungainya, sangat menginspirasi,” lanjutnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: