logo
×

Kamis, 02 Februari 2023

Pengakuan Tersangkan Bansos DKI, Setor Uang Ratusan Miliar ke Rekening Anies, Benarkah?

Pengakuan Tersangkan Bansos DKI, Setor Uang Ratusan Miliar ke Rekening Anies, Benarkah?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beredar di media sosial melalui pengguna akun Facebook yang dibagikan pada 31 Januari 2023. 

Narasi video seolah mengeklaim bahwa tersangka dugaan korupsi bansos DKI mengaku menyetor uang ratusan miliar ke rekening Anies Baswedan. 

"Pengakuan Tersangka Bansos DKI Mengejutkan !! Setor Ratusan Miliar Ke rekening Anies Baswedan," tulis akun tersebut pada keterangan video. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar pengakuan tersangka dugaan korupsi bansos DKI menyetor uang ratusan miliar ke rekening Anies. 

Narator dalam video membacakan narasi yang sesuai dengan artikel opini dari Seword.com berjudul "Baru PSI yang Gaspol Soal Dugaan Korupsi Bansos, Partai Lain Mana?" tayang pada 15 Januari 2023. 

Artikel itu membahas tanggapan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terhadap temuan dugaan korupsi bansos era kepemimpinan Anies Baswedan. Namun, tidak ada narasi terkait Anies menerima uang dari tersangka korupsi. 

Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menetapkan tersangka. Melansir Populis.id, Kepala Bidang Pemberitaan KPK Ali Fikri mempersilahkan masyarakat melaporkan dugaan korupsi tersebut. Ia memastikan pihaknya akan menindaklanjuti. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi pengakuan tersangka korupsi bansos DKI menyetor uang ke rekening Anies adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada narasi terkait dalam pembahasan video. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: