logo
×

Jumat, 03 Februari 2023

Setelah Pertemuan Airlangga Hartarto dan Surya Paloh, Golkar Berpeluang Isi Cawapres Anies?

Setelah Pertemuan Airlangga Hartarto dan Surya Paloh, Golkar Berpeluang Isi Cawapres Anies?

DEMOKRASI.CO.ID - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah soroti pertemuan Golkar dan Nasdem. Ia menilai pertemuan itu membuka peluang koalisi antarkeduanya.

"Pertama, Golkar diberi peluang bergabung dengan koalisi Perubahan, terlebih Golkar juga KIB tidak memiliki tokoh potensial di skema capres, dengan porsi suara di kabinet saat ini. Golkar dimungkinkan memiliki peluang menjadi cawapres dari Anies," kata Dedi dalam keterangan, Kamis (2/2/2023). 

Kedua, pertemuan itu diduga dilakukan Nasdem untuk meminta dukungan Golkar, sekaligus galang kekuatan lawan dominasi PDIP, baik dominasi di Pemilu maupun di kabinet.

Kemudian jika terjadi kesepakatan, dan koalisi perubahan mendapat tambahan Golkar, peluang kekalahan PDIP menguat, bahkan jika usung Jokowi kembali sekalipun. Namun, terkait dengan dinamika koalisi, Dedi melihat belum akan ada kejutan seusai pertemuan tersebut.

"Sebenarnya, waktu saat ini belum akan banyak kejutan, mengingat semua partai masih memiliki waktu untuk menimbang akan bergabung dengan siapa," ucapnya.

Baca Juga: Moeldoko yang Kena Sundul, Ali Ngabalin yang Meradang ke Faisal Basri: Kepengen Ku Ludahi Wajahmu Serta Hatimu...

Diketahui, saat ini Golkar bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP dan PAN. Sementara Nasdem di Koalisi Perubahan bersama Demokrat dan PKS.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: