logo
×

Sabtu, 10 Oktober 2015

Lakukan Survei Soal Kepercayaan Publik, Kepresidenan RI Diurut Nomor 3

Lakukan Survei Soal Kepercayaan Publik, Kepresidenan RI Diurut Nomor 3
Istana Merdeka - NET
NBCIndonesia.com - Hasil survei Indo Barometer menyebutkan bahwa lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepresidenan memperoleh kepercayaan tertinggi di mata publik dalam kurun satu tahun Pemerintahan Jokowi-JK.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, tingkat kepercayaan publik terhadap KPK mencapai 82 %, TNI 81 %, dan Kepresidenan RI 78,6 %.

Dengan demikian, tiga lembaga tersebut dapat menjadi motor perubahan Indonesia dalam sektor hukum, keamanan, dan ekonomi.

"Karena ketiganya saling berhubungan. Pemulihan dan pertumbuhan ekonomi membutuhkan kepastian keamanan dan hukum," kata Qodari saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (10/10/2015).

Survei Indo Barometer tersebut dilaksanakan tanggal 14-22 September 2015 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah responden tercatat1200 orang dengan margin of error +/- 3 %.

Dari kacamata publik, lanjut Qodari, reformasi kelembagaan paling besar telah dilalui lembaga Kepresidenan dan TNI.

"Kepresidenan tidak lagi absolut seperti di masa Orde Baru, reformasi TNI telah berlalu dari Dwi-Fungsi ABRI ke tentara profesional, dan KPK sebagai motor pemberantasan korupsi di negara ini," jelasnya.(Teropong Senayan)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: