logo
×

Jumat, 05 Oktober 2018

Warga Eks Timor Timur Deklarasi Dukung Prabowo - Sandiaga

Warga Eks Timor Timur Deklarasi Dukung Prabowo - Sandiaga

NUSANEWS - Warga Negara Indonesia (WNI) eks Timor Timur, yang berdomisili di wilayah Timor bagian Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar deklarasi mendukung calon presiden dan wakil presiden Prabowo - Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

Deklarasi yang diprakarsai Octavio Osario Soares dan dihadiri sekitar 100 WNI eks Timtim itu, digelar di kediaman tokoh WNI eks Timtim, almarhum Abilio Soares.

Dalam pernyataan dukungan yang dibacakan, Vidal Sarmento menyebutkan, dukungan terhadap Prabowo - Sandiaga Uno ini didasari pada semangat perjuangan untuk membebaskan rakyat Timor Timur sejak pemberontakan Dom Boaventura pada tahun 1912 sampai dengan pemberontakan Viguegue pada 1959.

Selain itu semangat menyatukan rakyat Timor Timur ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai statuta Partai Apodeti, 27 Mei 1974, yang telah diterima Pemerintah RI pada 24 September 1974.

Serta semangat integrasi rakyat Timor Timur ke dalam NKRI pada 17 Juli 1976 serta Ketetapan MPR-RI nomor: V/MPR RI/tahun 1999 tentang penentuan pendapat Timtim tahun 1999.

Vidal Sarmento menambahkan, jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden, maka WNI eks Timor Timur meminta agar Prabowo - Sandiaga Uno dapat membentuk sebuah biro atau staf presiden khusus, untuk menangani WNI eks Timtim yang tersebar di seluruh Indonesia sesuai dengan Ketetapan MPR-RI nomor: V/MPR RI/tahun 1999.

Prabowo juga diminta untuk membangun monumen di area Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, sebagai penghargaan atas komitmen kebangsaan WNI eks Timtim di Indonesia.

"Sekaligus mengakui jasa para pejuang perintis integrasi Timor Timur yang gugur sebelum dan sesudah integrasi ke dalam NKRI," kata Sarmento.

Inisiator deklarasi Octavio Osario Soares menambahkan, sebagai wujud perjuangan memenangkan pasangan Prabowo - Sandiaga, telah dibentuk relawan yang tergabung dalam (Tonus-Ps02) atau Peleton Khusus Prabowo - Sandi bernomor 02.

Relawan ini akan bertugas memberikan pemahaman tentang siapa itu Prabowo, yang telah berjuang bersama WNI eks Timor Timur.

"Semua harus menjadi agen untuk memberikan pemahaman tentang Prabowo, terutama kepada sesama saudara WNI eks Timtim, bahwa Prabowo adalah tokoh yang setia dan tetap peduli pada rakyat eks Timtim sampai saat ini," katanya.

Sejumlah tokoh WNI eks Timtim yang mewakili wilayah-wilayah di Timtim hadir di deklarasi itu, antara lain, Alfonso Pinto mewakili rakyat Viguegue, Mario Vieira (Los Palos), Manuel Boavida (Dili), Chrispin Leite (Aileu), Agus Boavida (Baukao) dan Alberto Soriano.


SUMBER
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: