logo
×

Minggu, 17 Februari 2019

Darmin Soal Tudingan Daging Mahal: Coba Saja Beli di Jepang

Darmin Soal Tudingan Daging Mahal: Coba Saja Beli di Jepang

NUSANEWS - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution membantah tudingan calon presiden Prabowo Subianto yang menyebut harga beras, daging ayam, dan daging sapi di Indonesia merupakan yang termahal di dunia. Menurut dia masih ada beberapa negara yang menjual komoditas lebih mahal ketimbang Tanah Air, misalnya Jepang.

"Coba saja beli beras di Jepang, harganya dua kali lipat dari Indonesia," ucap Darmin di kantornya, Jumat (15/2).

Meski begitu, Darmin menjelaskan tudingan soal harga komoditas pangan itu tak bisa dibandingkan dengan negara lain secara langsung begitu saja.

Menurut dia, tudingan itu harus dicermati lebih dalam. Misalnya, merujuk pada harga ritel atau grosir pada masing-masing negara lalu dibandingkan dengan negara lain atau perbandingan atas harga jual masing-masing negara di pasar internasional.

"Kalau di perdagangan internasional, memang harga di Thailand itu murah. Tapi harga kalau di ritel, siapa bilang (Indonesia) termahal?" katanya.

Berdasarkan data Numbeo, salah satu situs perbandingan harga komponen pengeluaran masyarakat, harga rata-rata beras di Indonesia sekitar Rp12.379 per kilogram (kg) pada Februari 2019. Lalu, rata-rata daging ayam sebesar Rp43.389 per kg dan daging sapi Rp118.057 per kg pada periode yang sama.

Selanjutnya, bila dibandingkan dengan Malaysia, rata-rata harga beras di Negeri Jiran sekitar Rp13.720 per kg, daging ayam Rp43.042 per kg, dan daging sapi Rp94.703 per kg. Sementara di Thailand, rata-rata harga beras sekitar Rp17.032 per kg, daging ayam Rp39.965 per kg, dan daging sapi Rp155.481 per kg.

Selanjutnya di Jepang, rata-rata harga beras sebesar Rp59.774 per kg, daging ayam Rp99.076 per kg, dan daging sapi Rp267.271 per kg. Sedangkan di AS, rata-rata harga beras sekitar Rp54.988 per kg, daging ayam Rp120.176 per kg, dan daging sapi Rp162.020 per kg.

Sebelumnya, Prabowo menuding harga beras, daging ayam, dan daging sapi di Tanah Air merupakan yang termahal di dunia. Hal ini karena ada kebocoran distribusi di dalam negeri.

SUMBER
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: