logo
×

Jumat, 08 November 2019

Menag Anggap Permintaan 'Belajar Agama' Bercanda, Ali Taher: Saya Serius!

Menag Anggap Permintaan 'Belajar Agama' Bercanda, Ali Taher: Saya Serius!

DEMOKRASI.CO.ID - Menteri Agama Fachrul Razi menganggap permintaan anggota Komisi VIII DPR Ali Taher soal belajar agama hanyalah candaan. Ali Taher menyatakan hal sebaliknya.

"Saya sangat serius, dengan kesadaran yang sangat tinggi. Masak anggota DPR asal omong, kan nggak mungkin. Itu kan dengan kesadaran supaya lain kali setiap pejabat hati-hati berbicara dengan rakyat sendiri. Jangan menempatkan rakyat itu sebagian, tetapi diajak bicara, diakomodir. Semangatnya semangat mencari solusi," kata Ali Taher saat dihubungi, Kamis (7/11/2019) malam.

Ali Taher mengatakan persoalan manajemen Kementerian Agama harus ditangani secara serius. Sekali lagi Ali Taher meminta Menag Fachrul Razi berhati-hati dalam menyampaikan pernyataan yang sensitif.

"Persoalan manajemen Kemenag itu perlu penanganan secara serius, terutama dua hal pertama terkait manajemen keagamaan yang berangkat dari terkait teori religion, itu artinya penanganan dalam manajemen organisasi. Sementara dari sisi faith, imannya, itu urusan pribadi, urusan organisasi Islam," kata dia.

"Oleh karena itu menurut saya artinya lain kali Menag harus hati-hati bahwa penanganan persoalan agama tak semudah yang dibayangkan. Itu menyangkut masalah rasa dan keadilan beragama. Saya kira pejabat publik itu harus hati-hati berbicara apabila menyangkut hal-hal yang sensitif," tegas Ali Taher.

Ali Taher dalam rapat perdana bersama Fachrul Razi meminta sang manteri belajar apa itu agama. Politikus PAN itu menjelaskan pengertian agama ada dalam UUD 1945. Permintaan itu disampaikan setelah Ali bicara panjang soal radikalisme.

"Oleh karena itu, belajarlah tentang apa itu agama, Pak Menteri, dan apa itu faith, dan apa itu religion. Agama, Pasal 29 adalah organisasi, mengatur, buka faith, faith itu iman, jangan diganggu," kata Ali saat raker dengan Menag di kompleks MPR/DPR, Kamis (7/11) siang.

Menurut Fachrul Razi lalu menanggapi. "Oh nggak ada, bukan begitu. Itu (Ali Taher) kan orang agak bercanda-bercanda, suka. Bagus sekali," kata Fachrul usai rapat.[dtk]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: