logo
×

Minggu, 10 November 2019

Rio Capella Heran Pembukaan Kongres Undang Anies Bukan Jokowi, Ini Kata NasDem

Rio Capella Heran Pembukaan Kongres Undang Anies Bukan Jokowi, Ini Kata NasDem

DEMOKRASI.CO.ID - Eks Sekjen NasDem, Rio Capella, mempertanyakan mengapa NasDem tak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan justru mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di pembukaan Kongres NasDem. NasDem lalu memberi jawaban.

Protes itu disampaikan Rio Capella saat menggelar jumpa pers di Gado Gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2019). Seperti diketahui, saat ini rangkaian Kongres NasDem masih berlangsung di JIExpo Kemayoran.

"Saya tidak tahu persis ya, tapi kalau memang acara itu Kongres, harusnya Anies tidak diundang, sehingga tidak ada spekulasi apa pun dalam acara itu. Nah ketika Anies diundang, spekulasi jadi berkembang," kata Rio.

Rio mengatakan yang seharusnya diundang dalam Kongres NasDem adalah Presiden Jokowi. Hal itu menurutnya karena Kongres NasDem berskala nasional.

"Kalau Kongres pertama kita undang presiden. Kalau misalnya diundang sebagai gubernur, karena berdatangan dari seluruh Indonesia, saya pikir secara nasional yang lebih tepat adalah presiden, jadi bukan gubernur, karena acara ini acara nasional," ujarnya.

Jika alasan diundangnya Anies sebagai salah satu pendiri NasDem, Rio menampiknya. Rio, yang merupakan salah satu pendiri NasDem, menegaskan Anies adalah pendiri ormas, bukan pendiri Partai NasDem.

"Nggak, dia pendiri ormas Nasional Demokrat, bukan pendiri partai. Saya pastikan itu," tegasnya.

Penjelasan NasDem

Sementara itu, Ketua DPP NasDem Zulfan Lindan justru mempertanyakan mengapa Rio, yang sudah bukan kader NasDem, mempertanyakan kebijakan partai yang mengundang Anies. Zulfan mengatakan Anies diundang ke Kongres dalam kapasitas sebagai Gubernur DKI dan tuan rumah tempat dilaksanakannya Kongres.

"Kan itu hak partai. Hak dia itu apa memprotes itu. Lucu kan. Sementara 8 ribu orang yang hadir dari DPD, DPW nggak mempersoalkan itu. Memang kongres ini internal. Anies itu ya kita undang, kenapa? Karena dia selamat datang, kita kulo nuwun. Internal," jelas Zulfan.

Lebih lanjut, Zulfan mengatakan Presiden Jokowi akan diundang dalam penutupan Kongres sekaligus perayaan HUT NasDem. Jokowi, kata Zulfan, juga akan menyampaikan pidato.

"Nanti kan HUT itu kan datang Jokowi nanti. Waktu ulang tahun itu pidato Jokowi. Insyaallah sampai saat ini 100 persen (Jokowi akan datang). Kalau dia nggak sakit, nggak ada halangan apa-apa. Kita undang di HUT saja. Kita perlu bangun satu tradisi baru bahwa acara internal, sudah kita sajalah," ucap Zulfan.(dtk)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: