logo
×

Kamis, 26 Desember 2019

Menkominfo: IndoXXI Mematikan Kreativitas!

Menkominfo: IndoXXI Mematikan Kreativitas!

DEMOKRASI.CO.ID - Pemerintah tengah serius memerangi pembajakan. Salah satu langkah yang mendapat perhatian publik adalah rencana pemerintah menghapus situs streaming IndoXXI yang berisi beragam film keluaran bioskop.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G Plate, langkah tersebut dimaksudkan untuk menghargai para pembuat film maupun musik di industri dalam negeri.

"1.000 situs terpaksa harus di-takedown. Negara kita ini sangat menghormati HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Kita juga harus hormati HAKI bangsa lain," kata Johnny di kediamannya, Kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (25/12).

Ia menjelaskan, pembajakan di era digital saat ini mesti diantisipasi untuk menghargai para pembuat film dan musik itu sendiri dari hasil ciptaannya.

"Jangan meneruskan bajakan karena dampak jangka panjang akan mematikan kreativitas. Kita bisa dituduh gak berpihak pada perlindungan HAKI," ujar Johnny.

Lebih lanjut, politisi Nasdem ini menegaskan, pemblokiran situs ilegal dan bajakan seperti IndoXXI itu antara lain untuk menjaga iklim investasi yang sehat dalam industri digital Tanah Air.

"Mengajak investasi asing untuk menanamkan di Indonesia. Kita harus jaga itu dan menghormati HAKI," pungkasnya.

Pemerintah menyatakan akan menghapus situs streaming musik maupun film yang tidak resmi, salah satunya IndoXXI karena melanggar hak kekayaan intelektual. Rencananya, layanan IndoXXI akan ditutup per 1 Januari 2020 mendatang.[rmol]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: