logo
×

Rabu, 01 Januari 2020

Jari Palsu Wartawan Putus, Karutan Pastikan Bukan Karena Anak Buahnya

Jari Palsu Wartawan Putus, Karutan Pastikan Bukan Karena Anak Buahnya

DEMOKRASI.CO.ID - Jari palsu jurnalis Suara.com, Herwanto, putus saat meliput kebebasan politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani. Kepala Rutan Klas I Cipinang Oga Darmawan memastikan petugasnya tidak terlibat pada saat kejadian.

"Anggota pengamanan saya, nggak ada yang saya tugaskan untuk bertugas di luar. Biasanya kalau saya tugaskan, saya keluarkan surat sprin pengamanan," ujar Oga pada saat dihubungi, Selasa (31/12/2019).

Oga mengatakan pada saat proses keluarnya Dhani dari rutan, hanya dirinya dan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Klas I Cipinang Wisnu Hani Putranto yang ikut keluar mendampingi. Namun, tidak dilakukan pengamanan dari pihak rutan karena status Dhani yang telah bebas.

"Pada saat keluar hanya saya dan Pak Wisnu Kepala Keamanan, anggota pengamanan saya nggak ada yang saya tugaskan untuk bertugas di luar. Karena untuk apa, kan dia orang udah bebas kecuali dia masih tahanan maka kita untuk menjaga dia, nggak ada kaitanya untuk pengamanan kita karena dia udah bebas," kata Oga.

Oga menyebut sebenarnya Dhani sudah dapat keluar rutan sejak pukul 07.00 WIB, hal ini dikarenakan surat pembebasan telah ditandatangani sehari sebelumnya. Namun Dhani beralasan menunggu anaknya, sehingga baru keluar pukul 09.30 WIB.

"Sebenarnya Ahmad Dhani dari pukul 24.00 WIB sudah dinyatakan bebas, jadi surat itu sudah saya tandatangani satu hari sebelumnya. Adapun dia sudah keluar dari pintu pengamana kita, baru pintu wasrik itu, jadi Dhani itu nunggu disitu dengan alasan nunggu anaknya, tapi kita sudah kita bebaskan itu dari jam 07.00 WIB pagi," ujar Oga.

"Jadi Ahmad Dhani itu menunggu Al El ya. Kalau surat bebas, kalau pengacara ngurus asal yang jemput jelas istrinya atau orangtuanya atau siapa, pukul 00.00 WIB pun kita sudah bebaskan dia, karena sudah hak diakan," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, jurnalis media online Suara.com, yang juga penyandang disabilitas, Herwanto, mengalami tindakan tak menyenangkan saat meliput kebebasan politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani. Jari palsu Herwanto putus.

Peristiwa itu terjadi di Rutan Cipinang, Jalan Bekasi Timur Raya, Jakarta Timur, Senin (30/12/2019) kemarin. Sekitar 10 menit sebelum Dhani keluar, adu mulut terjadi antara wartawan dan pihak yang mengamankan Dhani karena massa berkerumun menutupi barisan wartawan.

Kericuhan pun pecah saat Dhani keluar rutan sekitar pukul 09.30 WIB. Para wartawan dan pihak keamanan Dhani saling dorong-dorongan. Nah, saat Herwanto hendak maju untuk mengambil gambar, bajunya ditarik oleh salah seorang pihak keamanan. Namun dia tetap berusaha maju merekam video kebebasan Dhani.

Akibat insiden tersebut, Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono meminta semua pihak menghargai kerja-kerja jurnalis dalam mencari informasi. Dia berharap pelaku yang menyebabkan jari palsu Herwant putus bertanggung jawab.

"Saya berharap pelaku bertanggung jawab dan minta maaf atas perbuatan tersebut," kata Suwarjono. [dtk]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: