logo

Kamis, 02 Januari 2020

Jokowi: Pengendalian Masalah Banjir Jakarta Terkendala Pembebasan Lahan

Jokowi: Pengendalian Masalah Banjir Jakarta Terkendala Pembebasan Lahan

DEMOKRASI.CO.ID - Banjir yang melanda wilayah DKI Jakarta turut mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, menjelaskan bahwa program pengendalian banjir daerah Jabodetabek terus diupayakan meliputi pengendalian Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung, Cakung, Krukut, dan Sunter.

Program itu antara lain normalisasi Ciliwung, pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi, dan sodetan Sungai Ciliwung ke Sungai Cipinang.

"Program pengendalian banjir sungai Ciliwung misalnya, sudah ditangani 16 kilometer dari rencana keseluruhan 33 kilometer," ujar Jokowi melalui akun Instagram resminya, Kamis (2/1).

Sementara pada hulunya, kata Jokowi, saat ini tengah dilaksanakan pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi dengan kemajuan pembebasan tanah di atas 90 persen dan pembangunan fisik mendekati 45 persen.

"Kedua bendungan tersebut direncanakan selesai pada akhir 2020," kata kepala negara.

Kendati begitu, Jokowi menyebut Pembangunan prasarana pengendalian banjir pada keempat sungai di atas masih terkendala sejak tahun 2017 karena masalah pembebasan lahan.

"Masyarakat setempat telah menyetujui pemanfaatan lahan untuk kelanjutan pembangunan sudetan sepanjang 600 meter dari keseluruhan 1200 meter," jelasnya. [rmol]

Komentar Pembaca

loading...