logo
×

Sabtu, 28 Maret 2020

Bandara Kulon Progo Akan Beroperasi Penuh Besok

Bandara Kulon Progo Akan Beroperasi Penuh Besok

DEMOKRASI.CO.ID - PT Angkasa Pura I akan mengoperasikan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) secara penuh besok. Pemindahan ini sudah mulai dilakukan sejak 20 Maret 2020 secara bertahap.

"Mulai besok pagi akan sekitar 135 rute penerbangan di YIA," jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam teleconference, Sabtu (28/3/2020).

Sedangkan di YIA selama ini sudah memiliki ada 32 penerbangan. Dengan adanya operasional penuh besok, maka ada 168 rute penerbangan di YIA, baik take off ataupun landing.

"Ke depan total ada 168 rute penerbangan yang ada di YIA," jelasnya.

Sampai dengan hari ini, kata Faik, pihaknya sudah memastikan segala persiapannya. Penerbangan pertama oleh Batik Air mulai pukul 06.00 WIB dengan rute penerbangan ke Samarinda Sedangkan kedatangan pertama yakni oleh Lion dari Soekarno-Hatta Jakarta, pada pukul 06.20 WIB.

Pemindahan operasional ini akan diikuti dengan persiapan sarana kebersihan seperti hand sanitizer, penyemprotan disinfektan, thermal scanner, dan virtual customer service. Sehingga physical distancing di YIA bisa dilaksanakan dengan efektif.

Tak hanya itu, operasional penuh besok di YIA tidak akan dibuka dengan seremonial.

"Kita akan fokus agar kelancaran operasional saja," kata Faik.

Faik menjelaskan, YIA nantinya akan mampu menampung 20 juta penumpang per tahun. Bandara ini memiliki runway sepanjang mencapai 3.250 meter dan luas terminal penumpang 190 ribu meter persegi. [dtk]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: