logo
×

Selasa, 17 Maret 2020

Gubernur Banten Umumkan 1 Warga Positif Corona Meninggal, Kemenkes Tak Tahu

Gubernur Banten Umumkan 1 Warga Positif Corona Meninggal, Kemenkes Tak Tahu

DEMOKRASI.CO.ID - Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan satu warganya yang positif terjangkit virus Corona telah meninggal dunia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak tahu akan informasi yang disampaikan Gubernur Banten itu.

"Tidak tahu saya kalau itu. Saya hanya mengatakan pasien positif yang dirawat di rumah sakit," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, kepada wartawan, Rabu (17/3/2020).

Achmad Yurianto juga merupakan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan. Dia menyatakan sejauh ini jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia ada 5 orang. Hingga saat ini, belum bisa dipastikan apakah warga positif COVID-19 yang disebut Gubernur Wahidin Halim itu termasuk 5 orang tersebut atau di luar 5 orang itu.

"Makanya saya tidak tahu, apakah itu positif beneran atau nggak, kan nggak tahu. Data yang saya miliki bukan pasien yang dirawat di kampungnya, tapi di rumah sakit," kata Yuri, sapan Yurianto.

Yurianto mengatakan jumlah 5 orang positif COVID-19 yang meninggal dunia itu merupakan jumlah yang dihimpun dari seluruh rumah sakit di Indonesia.

Gubernur Wahidin Halim sebelumnya juga tidak menyebutkan keterangan soal rumah sakit yang sempat merawat korban meninggal dunia virus Corona itu. Meski begitu, lokasi rumah sakit tempat pasien dirawat merupakan rahasia kedokteran. Lima orang meninggal yang positif Corona itu pun juga tidak semuanya diketahui keterangan lokasi rumah sakit tempat perawatan sebelumnya.

"Dari awal sudah saya katakan, khusus tentang identitas pasien dan nama rumah sakit, saya tidak akan pernah menyampaikan, karena itu etika. Yang saya katakan hanya provinsinya saja," kata Yurianto.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim lewat Instagram resminya menyampaikan ada satu warganya yang meninggal.

"Gubernur Banten mengabarkan pada masyarakat bahwa positif terkena virus Corona 5 orang warga Banten. Satu orang dari Pondok Aren tadi sore (kemarin) telah meninggal dunia," kata Wahidin, seperti dilihat dalam video yang diunggah di akun Instagram-nya, dilihat detikcom, Selasa (17/3).
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: