logo
×

Senin, 02 Maret 2020

Imbas Virus Corona, Heri Gunawan: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terancam Terjun Bebas

Imbas Virus Corona, Heri Gunawan: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terancam Terjun Bebas

DEMOKRASI.CO.ID - Politikus Partai Gerindra Heri Gunawan menyebut kalau virus corona memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap Indonesia termasuk sektor perekonomian.

Heri menilai penurunan pertumbuhan ekonomi yang dialami China memiliki dampak  signifikan kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Penurunan ekonomi yang dialami China dan negara-negara lainnya tentu akan berdampak pada perekomian Indonesia, tahun 2019 ekonomi Indonesia bertumbuh 5,02%, dalam target APBN 2019 dipatok 5,3%," ujar Heri dalam keterangan tertulisnya, Senin (02/03/2020).

Anggota Komisi XI DPR RI ini mengatakan kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa jadi tidak mencapai 5% imbas dari merebaknya virus corona.

"Tahun 2020 prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan hanya tumbuh 4,5% bisa jadi, realisasinya malah dibawah 4.5%, turun dari 2019 yang tumbuh 5,02%," katanya.

Sebelumnya, Analis Morgan Stanley memprediksi perekonomian China pada kuartal I-2020 hanya tumbuh 3,5%. Padahal pada kuartal IV-2019 masih bisa tumbuh 6%.

Bila prediksi Morgan Stanley ini menjadi kenyataan maka perekonomian China merosot tajam hingga 2,5%.

Seperti yang diketahui selain menjadi mitra perdagangan Indonesia, China merupakan salah satu Investor terbesar di Indonesia dan Indonesia akan terkena efek domino dari terpuruknya ekonomi China. (ts)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: