logo
×

Sabtu, 28 Maret 2020

Singapura Lengang, Setelah Pemerintah Imbau Warga Berdiam di Rumah

Singapura Lengang, Setelah Pemerintah Imbau Warga Berdiam di Rumah

DEMOKRASI.CO.ID - Situasi di tempat umum Singapura terlihat lengang pada Sabtu (28/3/2020), usai pemerintah menerapkan aturan stay home dan  social distancing.

Diumumkan Sabtu pagi, Negeri “Singa” meminta warganya agar berdiam diri di rumah atau stay home dengan menghindari bepergian keluar untuk hal-hal yang tidak darurat.

Melalui saluran WhatsApp pemerintah bernama Gov.sg, himbauan itu menekankan agar warga hanya mengunjungi, misalnya pusat perbelanjaan, untuk membeli kebutuhan sehari-hari atau menyantap makanan.

Bahkan kalau bisa untuk barang-barang supermarket, dianjurkan untuk dibeli melalui transaksi online daripada mengunjungi lokasi langsung.

Pesan terbaru ini memang khusus menyebutkan pentingnya menghindari kontak fisik yang tidak perlu, untuk menghentikan transmisi lokal Covid-19.

Kalaupun keluar rumah, harus ada social distancing (WHO kemudian mengganti istilahnya dengan physical distancing) dengan jarak 1 meter antara individu.

Hukuman penjara hingga 6 bulan atau denda maksimal 10.000 dollar Singapura (sekitar Rp 112,8 juta) atau kombinasi keduanya, menanti bagi warga Singapura yang berani melanggar aturan social distancing.

Imbauan ini berselang 2 hari setelah resmi berlakunya peraturan baru yang membatasi perkumpulan maksimal 10 orang, disertai penutupan tempat hiburan seperti bar, kelab malam, dan tempat karaoke.

Orchard Road terlihat lengang, Sabtu siang (28/3/2020) setelah pemerintah Singapura menerapkan regulasi pembatasan berkumpul maksimal 10 orang, dan social distancing untuk melawan pandemi virus corona. Negeri Singa juga mengimbau warganya agar berdiam diri di rumah atau stay home dengan menghindari bepergian keluar untuk hal yang tidak darurat.

Pantauan Kompas.com di surga belanja Orchard Road tampak lengang, Sabtu siang tidak terlihat ada kerumunan manusia yang biasanya membludak pada akhir pekan.

Hanya ada segelintir orang memakai masker yang lalu lalang. Pusat perbelanjaan yang tetap diizinkan beroperasi, melakukan pemeriksaan ketat suhu badan terhadap setiap pengunjung yang harus mengantre dengan sabar untuk masuk ke lokasi.

Petugas toko seperti gerai pakaian terlihat jauh lebih santai, karena tidak banyak calon pembeli yang harus dilayani.

Juga tidak terlihat warga atau pelancong yang menghabiskan waktu sambil duduk menyantap es krim di bangku-bangku Orchard Road.

Seorang petugas yang memakai masker memeriksa suhu tubuh pengunjung yang akan memasuki pusat perbelanjaan Cineleisure Orchard, Singapura, Sabtu siang (28/3/2020).

Dampak peraturan terbaru ini juga terasa di transportasi umum, seperti di MRT dan bus yang  jauh lebih sepi dibandingkan hari-hari biasanya.

Update WNI Positif Corona

Adapun jumlah WNI yang positif Covid-19 di Singapura kembali bertambah 1 orang, sehingga menjadikan total 32 WNI yang terpapar.

WNI terbaru adalah seorang remaja pria berusia 20 tahun yang baru pulang dari Amerika Serikat.

Pasien kasus 720 ini dinyatakan positif Jumat (27/3/2020) dan saat ini dirawat di National Centre for Infectious Diseases (NCID).

Rincian data terakhir yang diterima dari Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, mengonfirmasi 2 pasien telah sembuh, 1 meninggal, dan 29 menjalani perawatan. [kompas]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: