logo
×

Kamis, 16 April 2020

7 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Perlu Kamu Tahu

7 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Perlu Kamu Tahu

DEMOKRASI.CO.ID - Berpuasa di bulan Ramadhan bermakna menahan diri dari segala yang membatalkannya dengan cara-cara khusus. Selain berpuasa, di bulan Ramadhan ini juga banyak sekali amalan-amalan yang bisa menambah pahala kita.

Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa," (QS Al-Baqarah: 183)

Dikutip dalam buku berjudul "Misteri Bulan Ramadhan" oleh Yusuf Burhanuddin disebutkan beberapa hikmah dan keutamaan puasa di bulan Ramadhan:
1. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Saat berpuasa, seorang muslim menghabiskan sebagian waktu siangnya dalam keadaan lapar. Meskipun kita memiliki keinginan makan dan minum, kesadaran keimanannya menolak untuk melakukannya demi memenuhi kehendak tulusnya terhadap perintah Allah.

Ketulusan ini kemudian akan membuat kesadaran bahwa segala perbuatan kita senantiasa dilihat dan diawasi Allah SWT.

2. Mengajarkan Pengorbanan

Selama bulan Ramadhan, semua muslim dituntut harus meninggalkan makan, minum dan bersetubuh yang merupakan kebutuhan seluruh manusia. Demi menunjukkan kecintaan kita kepada Allah SWT, umat muslim dituntut untuk menyucikan jiwa dan pikiran dengan berbagai ibadah dan dzikir mengingat Allah SWT.

3. Melembutkan Hati

Seseorang yang perutnya selalu kenyang memiliki kecenderungan sifat dan emosi yang keras dan kasar. Rasa lapar tak jarang membuat dirinya lemas dan menyadari kelemahannya pada titik yang utama. Hati yang keras tentu saja bertentangan dengan keharusan seorang muslim. Di bulan Ramadhan,seorang muslim harus membersihkan jiwa dan juga menghaluskan perasaannya.

4. Menumbuhkan Empati

Agama Islam mengajarkan umatnya untuk selalu mengasihi dan menyayangi sesama umat. Bulan Ramadhan adalah sebaik-baiknya waktu bagaimana seorang yang kaya bisa merasakan penderitaan orang fakir. Sehingga rasa kasih sayang dan empati terhadap sesama dapat tumbuh di dalam hati kita.

5. Mengakui Kelemahan Diri

Mengakui kelemahan diri yang tidak bisa hidup tanpa makan dan minum sehingga seseorang tidak bersikap angkuh dan sombong terhadap orang lain.

6. Menjernihkan Hati dan Pikiran

Mengosongkan perut bisa menjadi seseorang lebih tabah menahan rasa sakit dan jernih dalam berpikir.

7. Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh

Membatasi makanan dengan cara berpuasa berarti mencegah munculnya ragam penyakit dalam tubuh. Dengan berpuasa dan menjaga asupan makanan yang bergizi. Stamina kita akan tetap terjaga selama bulan Ramadhan .(dtk)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: