logo
×

Sabtu, 22 Agustus 2020

Beredar Foto Jadul Jokowi Muda, Diambil di Kawasan Blora?

Beredar Foto Jadul Jokowi Muda, Diambil di Kawasan Blora?

DEMOKRASI.CO.ID - Beredar dua foto lawas yang disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial. Sosok Jokowi itu tampak santai bersama kawannya di kawasan hutan.

Foto itu mulanya diunggah akun Pandu N di Facebook. Akun Pandu menyertakan dua foto lawas di tautan itu, masing-masing dengan keterangan foto diambil sekitar tahun 1999.

"CAKRA MANGGILINGAN, ROTATING WHEEL, RODA TU BERPUTAR. Sekitar tahun 1999, disalah satu kawasan hutan di daerah Blora. Saya tidak mengatakan bahwa orang ini hebat, saya tidak mengatakan orang ini luar biasa, saya tidak memuji-muji orang ini, saya hanya mau bilang roda itu berputar. Lihatlah orang ini 20 tahun yang lalu, bandingkan dengan sekarang," tulis @Pandu N dalam berandanya seperti dikutip detikcom, Jumat (21/8/2020).

Foto pertama menampilkan Jokowi sedang menduduki batang pohon jati besar sambil memegang minuman di tangan kanannya. Jokowi tampak memakai kemeja lengan panjang yang digulung warna biru. "Dari matanya terlihat kalau ia sangat pintar dan penuh gairah hidup," tulis keterangan dalam foto itu.

Foto kedua menampilkan Jokowi sedang berdiri ngobrol bersama rekan-rekannya di sebuah kawasan hutan jati. Tampak satu unit mobil merah pabrikan Jepang di belakang mereka. "Sekitar pertengahan 1999," tulis keterangan dalam foto itu.

Banyak netizen menerka jika foto itu diambil di salah satu tempat penimbunan kayu (TPK) Perhutani di Kabupaten Blora. Hal itu dikuatkan dengan potret mobil berpelat nomor polisi K 8238 AE, di mana nopol K merupakan nopol di Kabupaten Blora.

Postingan tersebut kemudian di-repost akun Instagram @bloraupdate dan menjadi viral.

"Pengusaha mebel semenjak muda. Sering belanja kayu jati kualitas A (terbaik didunia) di Blora tepatnya di TPK Cabak, Pasar sore, Cepu, Randublatung. Bahkan kadang menjelajah mencari bahan produksi ke desa-desa. Ada yang kenal beliau?" tulis keterangan di akun IG @bloraupdate.

Unggahan ini kembali menuai respons netizen. Banyak yang mengaku tak menyangka Jokowi kini menjadi Presiden RI.

"Kok iso ya, biyen bapak blonjo kayu jati ng Blora. Terus sakiki mimpin RI, gawe terharu yakin. Susah dijelaskan. (Kok bisa ya, dulu bapak belanja kayu jati di Blora. Terus sekarang memimpin RI, buat terharu yakin. Susah dijelaskan)," tulis @budi.buday_21

"Beliau yang kini memimpin negeri ini" @eko.d.saputro

"Pak Jokowi," Tulis @ai.syah683.

Sementara itu, Waka Adminstratur (Adm) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perhutani Cepu Andri Syalendra mengatakan foto-foto tersebut juga beredar di kalangan alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Kebetulan, Andri juga merupakan almamater Fakultas Kehutanan UGM.

"Foto tersebut betul kalau itu adalah Pak Jokowi. Kebetulan saya juga alumni UGM, dan fotonya banyak beredar di kalangan alumni," Kata Andri saat dihubungi detikcom, Jumat (21/08/2020).

Andri menyebut Blora memang dikenal dengan kualitas jati terbaiknya. Hanya saja, dia tidak bisa memastikan apakah lokasi foto Jokowi diambil itu di Blora.

"Kalau lokasinya itu di Blora atau tidak, saya tidak bisa memastikan. Yang jelas di foto tersebut adalah pak Presiden," terangnya.

Andri menerangkan TPK tak hanya berada di wilayah Blora. Di Blora sendiri, ada 3 KPH yakni KPH Blora, KPH Cepu, dan KPH Randublatung.

Foto: Tangkapan layar foto jadul Presiden Jokowi yang viral (dok. Ist)

Dihubungi terpisah, Adm KPH Perhutani Randublatung Ahmad Basuki juga tidak tahu lokasi pengambilan foto tersebut. Namun, dia juga mengamini plat nopol kendaraan K identik dengan Blora.

"Saya tidak mengerti apa itu di Blora atau di wilayah lain. Karena itu foto masa muda beliau. Kalau melihat plat nopol kendaraan K . Kemungkinan di wilayah Blora," kata Basuki.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: