logo
×

Selasa, 01 September 2020

Pesan Jokowi Ke Gubernur: Mainkan Gas Dan Rem Sebelum Vaksin Ready

Pesan Jokowi Ke Gubernur: Mainkan Gas Dan Rem Sebelum Vaksin Ready

DEMOKRASI.CO.ID - Penanganan pandemik virus corona baru (Covid-19) di daerah kembali menjadi perhatian Presiden Joko Widodo untuk bisa dikendalikan secara maksimal olrh para gubernur.

Dalam rapat terbatas (Ratas) hari ini, Kepala Negara memberikan pesan kepada 34 gubernur agar bisa memainkan gas dan rem dalam mengendalikan virus asal Wuhan, China itu, sebelum vaksin siap diedarkan di masyarakat.

"Sebelum vaksinasi ini bisa dilakukan secara masif, besar-besaran dan secara efektif. Saya minta lagi kepada para gubernur untuk memainkan gas dan rem ini dengan seimbang dengan takaran takaran sesuai dengan data-data yang dimiliki," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (1/9).

Lebih spesifik, mantan Walikota Solo ini meminta agar pengendalian Covid-19 bisa ditekan dalam hal peningkatan kasus positif, angka kematian, dan juga diimbangi dengan peningkatan jumlah orang yang sembuh.


"Karena apabila kurva Covid ini tidak bisa kita tekan dengan cepat apalagi angka kematian atau fatality rate-nya tidak bisa kita turunkan dengan tajam, dan angka kesembuhan tidak bisa kita tingkatkan secara drastis maka situasi ketidakpastiannya akan terus berlanjut," ucap dia.

Guna menekankan kurva kasus positif meningkat, Jokowi mengimbau kepada para gubernur untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan pencegahan penularan corona. Diantaranya tentang penggunaan masker, menjaga jarak, cuci tangan dan menjauhi kerumunan.

Ini harus disampaikan terus-menerus. ini kunci sebelum vaksinasi itu dilakukan adalah pemakaian masker. Ini yang paling penting. tentu saja akan lebih baik lagi kalau pengawasan lapangan itu betul-betul dilakukan pemberian sanksi yang tidak patut itu betul betul juga dilakukan sehingga kedisiplinan nasional kita dalam mengikuti protokol kesehatan betul-betul dikerjakan oleh seluruh masyarakat kita," harapnya.

"Pembagian masker kampanye pemakaian masker harus masih dilakukan sampai ke kampung-kampung dan ke desa-desa libatkan tokoh masyarakat libatkan PKK libatkan RT dan RW. Saya kira Bapak Ibu sudah sangat paham mengenai ini," demikian Joko Widodo menambahkan. (Rmol)
loading...