logo
×

Minggu, 06 September 2020

Tanpa Ngaji, Rocky Gerung Mendadak Jadi Ustadz, Cek Faktanya

Tanpa Ngaji, Rocky Gerung Mendadak Jadi Ustadz, Cek Faktanya

DEMOKRASI.CO.ID - Akun Facebook bernama Imam Nurcholis membuat status pada tanggal 03/9/2020 berupa gambar Rocky Gerung yang sedang berdiri di atas podium mengenakan peci dan syal di sebuah acara. Dalam narasinya, Rocky Gerung disebut-sebut sebagai ustaz tanpa melalui proses pendidikan agama sebelumnya.

Berikut narasinya:

“Apa Mungkin Karena Dibilang Gak Jelas,

Tanpa Ngaji, Tanpa Mondok dan Langsung Mendadak Disebut Ustaz.. Bakal Ambyaaarrr Negeri Tercinta Ini Gaeees

Diisi Oleh Athaeis Muallaf Mendadak Ustad

[Henry Subiakto: Rocky Gerung Agamanya Tak Jelas Tapi Diterima Kelompok Intoleran] http://share.babe.news/al/cppfUmpQvR

Hasil Cek Fakta

Dari hasil penelusuran, dilansir cekfakta.com, melalui laman sulselekspres.com diketahui foto tersebut diambil pada saat Rocky Gerung memberikan kuliah ilmiah dalam acara wisuda di UIN Banten. Peci disebut dikenakan karena ditawari rektor sekaligus kultur kampus UIN sebagai Universitas Islam. Sementara syal yang digunakan disebut bukan sebagai simbol agama tapi tanda kebudayaan masyarakat Badui.

Dalam video berjudul ‘KAMPUS BESAR OTAK KECIL’ yang diunggah pada tanggal 02/9/2020 di kanal youtube ‘Rocky Gerung Official’, Rocky menjelaskan jika dirinya mau mengenakan atribut tersebut dengan tujuan untuk menunjukkan pada peserta situasi multikultural yang ada di lingkungan kampus, terutama kampus UIN.

“Jadi terlihat situasi multikultural di situ, ada norma akademis yaitu argumen, ada simbol Islam di situ karna komplek UIN yaitu peci saya pake, dan ada fasilitas kebudayaan di situ karena saya pake selendang Baduy itu. Jadi terlihat mereka itu mengerti apa yang disebut toleransi,” ujarnya dalam video berdurasi 19 menit tersebut.

Dari hasil penelusuran di atas, narasi pada status tersebut masuk kategori Konten yang Salah.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Narasi yang salah. Foto tersebut diambil saat Rocky Gerung memberi kuliah ilmiah dalam acara wisuda di UIN Banten. Peci dan syal yang digunakan adalah atribut yang diberikan pihak kampus UIN Banten.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: