logo
×

Jumat, 27 November 2020

Cek Fakta: Viral Video Bupati Situbondo Dadang Wigiarto Sebelum Meninggal Akibat Covid-19, Benarkah?

Cek Fakta: Viral Video Bupati Situbondo Dadang Wigiarto Sebelum Meninggal Akibat Covid-19, Benarkah?

DEMOKRASI.CO.ID -  Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto meninggal akibat terpapar Covid-19 pada Kamis kemarin, 26 November 2020.

Dadang Wigiarto masuk ke dalam pasien Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), dan memiliki penyakit bawaan hipertensi.

Sebelumnya, Dadang Wigiarto diketahui telah dirawat di Rumah Sakit Daerah dr Abdoer Rahem, Situbondo, Jawa Timur.

Terkait meninggalnya Dadang Wigiarto, baru-baru ini sebuah video viral melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp.

Sebuah narasi yang menyertai pesan berantai itu mengklaim bahwa video tersebut disebar atas keinginan keluarga Dadang Wigiarto.

"Bupati Situbondo pd Pukul 09.30 WIB masih ngomong begini…Pukul 14.00 WIB meninggal dunia. Keluarga minta video ini utk dishare, supaya tidak ada yg menyepelekan Virus Covid-19," tulis pesan singkat tersebut.

Hoaks video Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto sebelum meninggal dunia. Instagram.com/@situbondokab


Dalam video viral tersebut, tampak seseorang yang diklaim merupakan Dadang Wigiarto tengah dirawat di rumah sakit, lengkap dengan alat bantu pernapasan.

Lebih lanjut, orang yang diklaim merupakan Dadang Wigiarto menyampaikan pesan mengenai bahaya yang nyata dari Covid-19.

"Gaes, jaga kesehatan, jangan disepelekan tapi juga jangan takut. Ingat covid-19 itu ada," tuturnya dalam video tersebut.

Lebih lanjut, orang yang diklaim merupakan Dadang Wigiarto ini memaparkan bahwa dirinya telah menjalani isolasi Covid-19 selama tiga hari.

"Aku wis 3 hari isolasi di RS. Jangan disepelekan cuci tangan pakai masker rasane ra enak blas, sesek demam," katanya melanjutkan.

Setelah diselediki lebih lanjut oleh tim Prbandungraya.pikiran-rakyat.com, video dan narasi yang beredar dalam pesan berantai di WhatsApp tersebut adalah berita bohong atau hoaks.

Dilansir dari akun Instagram resmi Pemerintah Kabupaten Situbondo, video yang viral tersebut bukanlah Dadang Wigiarto.

"Telah beredar video dan caption yang menyatakan bahwa kabar diatas adalah Alm. Bapak Bupati Situbondo. Namun kami, Selaku Pemerintah Kabupaten Situbondo menyatakan bahwa info yang telah beredar bukan Alm. Bapak Bupati," tulis akun @situbondokab.

Sebelumnya, Dadang Wigiarto diketahui terinfeksi Covid-19 setelah menjalani swab test pada Selasa, 24 November 2020.***


loading...