logo
×

Rabu, 09 Desember 2020

Gibran-Teguh Menang Telak Versi QC, Charta Politika: Solo Kandang 'Banteng'

Gibran-Teguh Menang Telak Versi QC, Charta Politika: Solo Kandang 'Banteng'

DEMOKRASI.CO.ID - Pasangan calon Gibran Rakabumig Raka-Teguh Prakosa memenangi Pilwalkot Solo 2020 versi quick count (QC) lembaga survei Charta Politika. Begini analisis Charta Politika terhadap kemenangan telak Gibran-teguh.

"Pertama memang Solo kandang 'banteng', kandang PDIP lah ya. Kenapa kemudian kemarin cukup lumayan alot direkomendasinya? Karena memang suara PDIP itu menentukan. Di situ itu DPR RI-nya kuat, DPRD RI-nya juga menguasai," kata peneliti Charta Politika, Dadang Nurjaman, di Hotel Grandika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/12/2020).

Selain itu, Dadang juga menilai lawan politik Gibran-Teguh di Pilwalkot Solo tidak sebanding. Ia mengaku sudah memprediksi kemenangan Gibran-Teguh sebelum pencoblosan.

"Mas Gibran unggul kita prediksi jauh sebelum pemilihan kali ya, artinya, karena kekuatan besar, dan kalau kita lihat lawannya juga nggak apple to apple bahasanya," ucapnya.

Lebih lanjut, Dadang juga melihat Gibran-Teguh lebih berani kampanye, meskipun di masa pandemi Corona. Meskipun, Dadang tak memungkiri bahwa label 'anak Jokowi' tak bisa dilepaskan dari pundak Gibran.

"Cuma dia menciptakan sesuatu yang, meskipun di kondisi pandemi dia tetap apa istilahnya, campaign itu menunjukkan keseriusan bahwa sebenarnya dia bukan didorong juga oleh nama besar keluarga, tapi dia ingin menunjukkan," jelas Dadang.

"Walaupun orang ya akan memilih bahwa dia anaknya Jokowi, susah dilepaskan bahwa Gibran itu anak Jokowi. Jadi orang sudah, sisi figuritas Jokowi yang mungkin dilihat, walau secara dari mulai pencalonan sampai akhir kayaknya Pak Jokowi tidak pernah saya lihat berada di Solo," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, pasangan calon (paslon) Pilkada Solo nomor urut 1, Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa, unggul jauh versi quick count Charta Politika. Pasangan nomor urut 2, Bagyo Wahyono-Fx Supardjo, hanya mendapat 12,85 persen di quick count.

Quick count Charta Politika pada Rabu (9/12) pukul 16.36 WIB menampilkan suara masuk sebanyak 99,5 persen. Gibran unggul jauh dari lawannya. Berikut hasilnya:

Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa: 87,15%

Bagyo Wahyono-Fx Supardjo: 12,85%

Hasil quick count ini bukan hasil resmi Pilkada Solo. Hasil resmi pilkada bakal ditetapkan KPU Solo berdasarkan rekapitulasi surat suara.(dtk)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: