logo
×

Minggu, 07 Februari 2021

DKI Buat Jalur Sepeda Permanen, Apa Kabar Wacana Road Bike Masuk Tol?

DKI Buat Jalur Sepeda Permanen, Apa Kabar Wacana Road Bike Masuk Tol?

DEMOKRASI.CO.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Bagaimana kelanjutan rencana sepeda balap atau road bike masuk ke Tol Lingkar Dalam Kota Jakarta, yang pernah diusulkan Pemprov DKI ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)?

"Kita sudah mendapat surat dari Kementerian PUPR bahwa itu tidak diizinkan," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat dihubungi detikcom, Sabtu (6/2/2021).

Meski demikian Syafrin juga tidak memerinci alasan Kementerian PUPR tidak mengeluarkan izin. Menurutnya, surat tersebut sudah keluar sejak 2020 lalu.

"Tahun lalu suaratnya, saya lupa tanggalnya," katanya.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta berencana membangun jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin. Jalur tersebut rencananya dibangun Februari-Maret 2021.

Jakarta Syafrin Liputo mengatakan para pesepeda diwajibkan menggunakan jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin. Syafrin menyebut pihaknya juga akan menambah lajur pembatas sepeda tambahan pada Sabtu-Minggu.

"Tentu pada saat jalur sepeda sudah dipermanenkan, seluruhnya akan wajib menggunakan jalur permanen kecuali pada setiap hari Minggu itu akan ada tambahan lajur yang akan disiapkan dengan traffic cone," kata Syafrin saat dihubungi, Sabtu (6/1).

Syafrin menerangkan penambahan lajur sepeda sementara itu dilakukan lantaran naiknya jumlah pesepeda pada hari libur. Untuk itulah, sebut Syafrin, jalur sepeda sementara akan tetap disiapkan.

"Seperti halnya jalur sepeda sementara sekarang, karena kita pahami di Sabtu-Minggu itu ada jumlah masyarakat yang menggunakan sepeda di koridor itu cukup tinggi, nah itu akan disiapkan jalur tambahannya," tutur Syafrin.

Syafrin menyebut aturan pesepeda berada di jalur permanen Jalan Sudirman-Thamrin itu bersifat wajib. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI akan ikut mengatur dan menertibkan pesepeda.

"Dengan disiapkannya jalur sepeda permanen, otomatis seluruhnya kita arahkan untuk menggunakan jalur sepeda permanen, wajib," katanya.(dtk)

loading...