logo
×

Rabu, 30 November 2016

Ahok Berubah Jadi Kalem, Pengamat LIPI: Ya Iya Lah Kan Sedang Jualan Politik, Tapi Karakter Asli Sulit Di Sembunyikan

Ahok Berubah Jadi Kalem, Pengamat LIPI: Ya Iya Lah Kan Sedang Jualan Politik, Tapi Karakter Asli Sulit Di Sembunyikan

NUSANEWS - Cagub DKI nomor urut 2 Basuki T Purnama (Ahok) belakangan ini cenderung lebih kalem dan santun setelah kasus dugaan penistaan agama saat dirinya berpidato di Kepulauan Seribu mencuat. Menurut pengamat politik dari LIPI, Siti Zuhro, perubahan Ahok tersebut hanya untuk kepentingan kampanye semata.

"Ya iya lah (hanya untuk kampanye). Kan sedang jualan politik sekarang," kata Siti saat ditemui di Kantor Kementerian PANRB, Jalan Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2016).

Siti mengatakan bahwa Ahok akan kembali ke karakter lamanya, yang dianggap suka marah-marah, bicara kasar dan ceplas-ceplos. Apalagi, lanjut Siti, karakter asli seseorang sulit untuk disembunyikan.

"Kalau karakter itu ya tetap karakter. Karakter, apalagi di atas umur 30 tahun itu sudah melekat. Jadi enggak ada karakter itu yang dibikin-bikin sampai Februari, itu enggak ada. Karakter ya karakter," kata Siti.

Siti menginginkan agar Ahok tampil apa adanya sebagaimana Ahok sebelum kasus dugaan penistaan agama mencuat. Dirinya menganggap apa yang dilakukan Ahok saat ini, dengan berubah menjadi kalem dan santun, bisa menjadi blunder bila terpilih kembali menjadi Gubernur DKI.

"Jadi menurut saya, lakukanlah kampanye yang tidak menyesatkan. Jangan melakukan kampanye yang membodohi dan menyesatkan masyarakat. Be yourself," ujar Siti.

"Karakter itu sudah tercatat, mau dihapus seperti apa tidak ada penghapus yang bisa menghapus itu. Jangan buat pencitraan yang bisa mendatangkan blunder nantinya," pungkasnya.

Sebelumnya, Ahok mendapatkan nasihat dari banyak tokoh, mulai dari Wapres Jusuf Kalla hingga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ahok mendapat nasihat setelah pidatonya di Kepulauan Seribu yang dianggap menistakan agama.

Perubahan gaya bicara Ahok yang menjadi kalem bahkan menbuat istinya, Veronica Tan heran. Selain Veronica, para pendukung Ahok pun merasa heran dengan perubahan mantan Bupati Belitung Timur tersebut. (dtk)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: