logo
×

Senin, 01 Februari 2021

HEBOH! Apa Benar Swab COVID-19 Lebih Efektif Jika Dilakukan Lewat Bokong?

HEBOH! Apa Benar Swab COVID-19 Lebih Efektif Jika Dilakukan Lewat Bokong?

DEMOKRASI.CO.ID - Ditengah pandemi virus corona atau COVID-19 seperti ini banyak sekali negara yang berlomba mencari cara untuk bisa membasmi dan mengobati para penderita Covid-19.

Salah satunya dengan metode tes swab, biasanya yang kalian semua ketahui tes swab dilakukan melalui hidung atau tenggorokan.

Tapi ternyata Metode baru tes swab yang dikembangkan oleh China ini menuai reaksi para netizen dunia, bagaimana tidak mereka melakukan metode baru tes swab melalui bokong!

Metode baru ini mengambil sampel dari lubang anus. Seperti dilansir dari laman Daily Star, sejumlah pakar kesehatan di China mengklaim bahwa tes swab lewat bokong lebih efektif daripada tes lewat tenggorokan dan hidung.

“Tes ini lebih sensitif dibanding di tenggorokan atau nasal,” ujar Dokter Senior dari Rumah Sakit You’an, Li Tongzeng seperti dikutip dari Daily Star.

Li Tongzeng menjelaskan, penelitian telah menunjukkan bahwa jejak Covid-19 dapat ditemukan lebih lama di anus daripada di saluran pernapasan.

“Virus bertahan lebih lama dari sampel yang diambil dari saluran pencernaan dan kotoran pasien,” jelasnya.

Namun, Pakar patologi Universitas Wuhan Yang Zhanqiu mengkritisi metode baru ini. Menurutnya, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa Sars-CoV2 bisa bertransmisi melalui tinja atau bersemayam di dubur.

“Ada kasus tentang tes virus corona positif pada kotoran pasien, tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa itu telah ditularkan melalui sistem pencernaan seseorang,” kata dia.

Perkenalan tes swab lewat bokong ini juga sempat ramai diperbincangkan oleh warga di China dan bahkan menjadi perbincangan pakar kesehatan dunia selama sepekan ini.

Video-video pasien menjalani tes ini pun viral di berbagai media sosial. Namun, sebagian besar netizen merasa geli dan menolak mengikuti metode tes baru ini. Gimana menurut kalian tipstrenners? []

loading...