logo
×

Sabtu, 27 Februari 2021

Kemenkes Tegaskan Broadcast 'Puluhan Wartawan Terkapar Usai Divaksin' Hoax

Kemenkes Tegaskan Broadcast 'Puluhan Wartawan Terkapar Usai Divaksin' Hoax

DEMOKRASI.CO.ID - Beredar pesan berantai yang menyebutkan puluhan awak media terkapar setelah menjalani vaksinasi COVID-19. Kemenkes menegaskan informasi tersebut tidak benar.

Dalam pesan berantai tersebut, dicatut nama Jubir COVID-19 dari Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi. Dinarasikan bahwa ada puluhan awak media terkapar setelah vaksinasi COVID-19 sampai pingsan.

Siti Nadia lewat video yang diterima mengklarifikasi bahwa pesan berantai di grup WhatsApp maupun di media sosial dengan narasi tersebut adalah tidak benar.

"Saya ingin mengklarifikasi terkait informasi yang beredar bahwa puluhan wartawan terkapar pasca vaksinasi COVID-19. Kami sampaikan, informasi yang beredar di WhatsApp Group maupun media sosial ini adalah tidak benar," ujar dr Siti Nadia, Jumat (26/2/2021).

"Kembali kami tegaskan berita atau informasi yang mengatakan puluhan awak media terkapar adalah tidak benar," kata Nadia.

Nadia menerangkan bahwa memang ada 5 awak media yang mengalami keluhan usai vaksinasi COVID-19. Mereka sudah pulang dan dinyatakan sehat. Saat pemeriksaan, alasan mereka mendapat keluhan karena tidak makan sebelum vaksinasi hingga kurang tidur H-1 vaksinasi COVID-19.

"Saat ini kelima awak media tersebut sudah kembali ke rumah masing-masing dan dalam keadaan kondisi sehat. Adapun dalam pemeriksaan, diketahui awak media ini sebelumnya tidak melakukan sarapan atau makan siang sebelum pelaksanaan vaksinasi. Kedua adalah mereka tidak cukup beristirahat pada malam hari sebelumnya saat besok hari akan mendapatkan vaksinasi," ujar Nadia.

Nadia mengimbau bagi awak media yang akan divaksinasi COVID-19 mempersiapkan diri, antara lain dengan makan yang cukup serta istirahat/tidak tidur larut malam sehari sebelum vaksinasi.

"Sehingga kami imbau awak media yang akan mendapatkan vaksinasi besok hari agar istirahat yang cukup dan lakukan sarapan sebelum mendatangi lokasi vaksinasi," kata Nadia.

Diketahui, vaksinasi COVID-19 untuk wartawan digelar mulai hari Kamis (25/2) hingga Sabtu (27/2). Lokasi vaksinasi COVID-19 terletak di Hall A Basket Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.(dtk)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: