logo
×

Selasa, 02 Maret 2021

Gunung Sinabung Erupsi, 40 Desa Terdampak Hujan Abu Vulkanik

Gunung Sinabung Erupsi, 40 Desa Terdampak Hujan Abu Vulkanik

DEMOKRASI.CO.ID - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), mengalami tiga kali erupsi hari ini. Lebih dari 40 desa di empat kecamatan terdampak erupsi.

"Empat kecamatan yakni Kecamatan Tigabinanga, Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Laubaleng, Kecamatan Kutabuluh. Lebih 40 desa," kata Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin Angin, saat dimintai konfirmasi, Selasa (2/3/2021).

Natanail mengatakan aktivitas warga di desa-desa tersebut terganggu. Petugas sedang melakukan pembersihan abu vulkanik.

"(Aktivitas warga) terganggu. Langkah-langkah kita yakni melaksanakan pembersihan abu vulkanik, pembagian masker, dan imbauan agar tidak masuk zona merah," ujar Natanail.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi ketiga kalinya hari ini. Tinggi kolom abu teramati hingga 1.000 meter di atas puncak.

"Terjadi erupsi Gunung Sinabung pada hari Selasa, 02 Maret 2021, pukul 15.04 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.000 meter di atas puncak," demikian tulis situs Kementerian ESDM, Selasa (2/3).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 110 mm dan durasi 161 detik.

Gunung Sinabung juga sempat mengalami erupsi sekitar pukul 09.49 WIB dan pukul 14.56 WIB. Selain itu, ada 13 kali awan panas guguran yang terjadi hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menyebut debu vulkanik menyebar hingga ke Aceh. Warga diminta memakai masker.

"Bila dilihat dari foto satelit, diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang/terpapar ke Provinsi Aceh," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Zakaria Ahmad, kepada wartawan, Selasa (2/3).(dtk)

loading...