logo
×

Kamis, 04 Maret 2021

Jokowi Minta Pengelola Mal Geser Kios-kios Brand Luar Negeri ke Tempat Tidak Strategis

Jokowi Minta Pengelola Mal Geser Kios-kios Brand Luar Negeri ke Tempat Tidak Strategis

DEMOKRASI.CO.ID - Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan didukung oleh pemerintah melalui program bangga buatan Indonesia.

Dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, Presiden Joko Widodo memaparkan satu strategi teknis yang bisa membantu UMKM berkembang.

Yakni dengan cara memberikan lokasi penjualan yang strategis bagi UMKM di pusat-pusat perbelanjaan atau mal yang ada di seluruh Indonesia.

"Pusat perbelanjaan, mal, harus terus dorong, Jakarta sampai ke daerah, mendorong untuk memberikan ruang bagi produk-produk Indonesia, khususnya UMKM," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (4/3).

Jokowi melihat, selama ini lokasi-lokasi strategis di dalam mal ditempati oleh produk-produk luar negeri, sementara produk luar negeri sebaliknya.

"Jangan sampai ruang-ruang depan, lokasi-lokasi strategis justru diisi oleh brand-brand dari luar negeri," tuturnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta kepada pengelola mal mengalihkan kios-kios yang ditempati produk luar negeri kepada UMKM atau produk-produk dalam negeri.

"Ini harus mulai di geser, mereka di geser ke tempat yang tidak strategis. Tempat yang strategis, lokasi yang baik berikan kepada brand-brand lokal," tandasnya. []

loading...