logo
×

Jumat, 14 Januari 2022

Heboh Habib Kribo Ribut Dengan Habaib Lain, Murid Habib Umar bin Hafidzh Ingatkan Soal Ini

Heboh Habib Kribo Ribut Dengan Habaib Lain, Murid Habib Umar bin Hafidzh Ingatkan Soal Ini

DEMOKRASI.CO.ID - Di era saat ini sejumlah Habaib terkesan bertengkar dengan habaib lainnya.

Setidaknya Habib Zen Assegaf alias Habib Kribo kini mengundang kemarahan sejumlah habaib.

Bukan hanya karena menghujat Habib Rizieq Shihab dan Habib Bahar bin Smith, melainkan juga atas pernyataannya yang dianggap menjelek-jelekan Arab.

Bahkan Habib Abubakar Assegaf dari Pasuruan pun menilai langkah Habib Kribo ini brutal.

Kisruh para Habib ini pun menjadi sorotan murid dari Habib Umar bin Hafidz, Ranu Wijaya.

Pecinta habaib ini menyarankan agar saat para habaib berdebat maka langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan bersikap diam.

"Ketika ada Seorang Habib berdebat dengan Habib lainnya, lebih baiknya kita diam," ujarnya melalui akun Twitter @RanuPrime, Kamis, 13 Januari 2022.

"Diam bukan berarti tidak peduli tapi demi menjaga perasaan Rasulullah SAW, Sayyidina Ali dan Sayyidatuna Fatimah. Hati-hati ini jaman Ruwaibidhoh," cuit dia.

Ia pun mengakui sebenarnya habaib adalah manusia biasa. Namun karena habaib merupakan keturunan dari Rasulullah SAW maka yang dijaga itu perilaku kepada Rasulullah.

"Para Habib memang hanya manusia biasa. Kami mencintai para Habib bukan berarti menyembah. Tapi karena kami sayang sama Rasulullah, namun tidak hidup sejaman dengan Rasulullah. Maka kami menyayangi Rasulullah dengan menyayangi cucu2nya," jelasnya.

Meski begitu, ia sangat berterimakasih dengan penjelasan Habib Nabiel Almusawa.

Hal itu terkait pernyataannya soal Habib yang keluar atau tak berpegang terhadap thariqah alawiyyah, yang merupakan manhaj (jalan) para salaf habaib.

Menurutnya, jika ada yang demikian maka habib tersebut tersesat dari manhaj leluhurnya sehingga tidak bisa dijadikan rujukan.

"Jk seorg habib keluar atau tidak berpegang dg thariqah-alawiyyah (manhaj nya pr salaf habaib), mk habib itu tersesat dari manhaj leluhurnya, & orang yg tersesat tak dpt dijadikan rujukan, dmkn scr singkat ttg manhaj alawiyyin (habaib), tanpa menyebut orang atau kelompok anakku," ujarnya melalui akun @nabiel_almusawa·

Pernyataan itu menjawab pertanyaan apakah seorang habib apabila mengikuti ajaran Syiah sudah tidak lagi dianggap seorang Habib?***

Komentar Pembaca