logo
×

Sabtu, 29 Januari 2022

Komisi II DPR RI Gelar Uji Kelayakan 24 Calon Anggota KPU-Bawaslu Awal Februari 2022

Komisi II DPR RI Gelar Uji Kelayakan 24 Calon Anggota KPU-Bawaslu Awal Februari 2022

DEMOKRASI.CO.ID - Komisi II DPR RI bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 pada 7 hingga 9 Februari 2022.

Adapun calon yang bakal menjalani tes tersebut berjumlah 14 orang untuk KPU dan 10 orang untuk Bawaslu.

Kabar itu disampaikan oleh anggota Komisi II DPR RI Rifqinizami Karsayuda.

"Terkait uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 akan dilaksanakan 7-9 Februari," kata Rifqinizami pada Jumat (29/1/2022).

Meski tanggal untuk pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan sudah ditetapkan, tapi Rifqinizami menyebut Komisi II DPR RI belum membahas terkait teknisnya.

Ia menyebut Komisi II DPR RI bakal membahasnya pada pekan depan.

"Pekan depan teknis uji kelayakan akan kami bahas," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Rifqinizami menilai perlu adanya perubahan tata cara kerja yang cukup besar dalam penggunaan teknologi informasi oleh para penyelenggara pemilu.

Pasalnya, ia ingin melihat sejauh mana calon anggota KPU-Bawalsu periode 2022-2027 menguasai dan memahami penggunaan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Sebelumnya, sebanyak 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu dinyatakan lolos dalam seleksi.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum dan Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Masa Jabatan Tahun 2022-2027 Nomor 358/TIMSEL/I/2022.

Nama-nama yang lolos seleksi lantas sudah diserahkan oleh Tim Seleksi ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis (6/1/2022).

Berikut nama calon anggota KPU yang lolos seleksi:

August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne.

Kemudian, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Sementara untuk 10 calon anggota Bawaslu yang lolos yakni:

Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono. [suara]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: