logo
×

Jumat, 28 Januari 2022

Natalius Pigai: Kalau Saya Ambisi, Jangankan Papua Tengah Kampung Saya, di Mana pun Saya Bisa Jadi Gubernur

Natalius Pigai: Kalau Saya Ambisi, Jangankan Papua Tengah Kampung Saya, di Mana pun Saya Bisa Jadi Gubernur

DEMOKRASI.CO.ID - Mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai mengaku bahwa jika ia berambisi, maka ia bisa menjadi Gubernur di mana pun, bukan hanya di Papua Tengah.

Sekedar catatan, Papua Tengah adalah sebuah calon provinsi yang rencananya akan dimekarkan dari provinsi Papua.

“Kalau saya ambisi jangankan Papua Tengah kampung saya, di mana saja saya bisa jadi gubernur,” kata Natalius Pigai melalui akun Twitter pribadinya pada Kamis, 27 Januari 2022.

“Papua Tengah kampung saya. Saya suku Mee (800 ribu), Nenek Saya Amungme, Mama saya Moni bisa Menang di atas 85%,” sambungnya.

Namun, meski bisa saja menjadi seorang Gubernur di Papua Tengah jika dimekarkan, Natalius merasa berkewajiban mengingatkan Pemerintah untuk jangan memekarkan Papua.

“Tapi Sebagai Pembela kemanusiaan saya punya tanggung jawab moral untuk ingatkan Pemerintah,” katanya,

Bersama pernyataannya, Natalius Pigai membagikan gambar bertuliskan “Natalius Pigai Minta Papua Tidak Dimekarkan”.

Sebagaimana diketahui, wacana pemekaran Provinsi Papua menjadi beberapa provinsi telah lama dibicarakan.

Pada tahun 2021, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pemekaran Provinsi Papua bakal menjadi enam wilayah administrasi.

Namun, rencana tersebut belum final sebabmasih terdapat perdebatan-perdebatan terkait pemekaran.

Adapun enam provinsi yang diusulkan pemerintah pusat antara lain, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Pegunungan Tengah, Papua Selatan, dan Papua Tabi Saireri.

“Ini semua tergantung kemampuan keuangan kami kira dan juga hasil daripada revisi ini,” kata Tito dalam rapat dengan Panitia Khusus Revisi UU Otsus Papua pada Kamis, 8 April 2021, dilansir dari CNN Indonesia.

Berdasarkan paparan Tito, Provinsi Papua Barat Daya terdiri enam kabupaten atau kota yaitu Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Tambrauw, dan Kota Sorong

Adapun Provinsi Papua Barat terbagi tujuh kabupaten yaitu Manokwari, Pengunungan Arfak, Mankowari Barat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Fak Fak, dan Kaimana.

Lalu, Provinsi Papua Tengah terdiri enam kabupaten yaitu Paniyai, Degiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Mimika, dan Nabire.

Selanjutnya, Provinsi Pegunungan Tengah terdiri sembilan kabupaten yaitu Jayawijaya, Yahukimo, Yalimo, Tolikara, Lanny Jaya, Membramo Tengah, Nduga, Puncak Jaya, dan Puncak.

Provinsi Papua Selatan terbagi menjadi lima kabupaten yakni Merauke, Asmat, Mappi, Bovendigoel, dan Pegunungan Bintang.

Sedangkan, Provinsi Papua Tabi Saireri akan terbagi menjadi sembilan kabupaten atau kota yakni Kota Jayapura, Jayapura, Keerom, Sarmi, Membramo Raya, Waropen, Kepulauan Yapen, Biak Numfor, serta Supiori. [terkini]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: