logo
×

Rabu, 02 Februari 2022

Agenda Tiga Partai Sudah Dikunjungi, Kode Bakal Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024?

Agenda Tiga Partai Sudah Dikunjungi, Kode Bakal Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024?

DEMOKRASI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam beberapa waktu belakangan kerap melakukan manuver politik dengan mendatangi agenda tiga partai, yakni NasDem, PAN, dan PPP. Manuver itu sekaligus menunjukan sinyal kuat ketiganya bakal mendukung Anies sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Pernyataan tersebut diungkapkan pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin. Menurut Ujang, kemungkinan dukungan kepada Anies semakin terbuka, apalagi ketiga partai itu belum memiliki kandidat kuat untuk didukung sebagai capres.

Menurutnya, sudah menjadi hal yang biasa ketika partai politik yang belum punya kandidat memilih untuk mengusung sosok yang mempunya elektabilitas tinggi seperti Anies.

"Partai punya capres, akan merindukan dan membutuhkan capres yang potensial. Salah satu capres potensial itu dalam pandangan partai-partai salah satu arahnya pada Anies," ujar Ujang saat dikonfirmasi, Rabu (2/2/2022).

Meski terlihat mesra dengan NasDem, PPP, dan PAN, Ujang menilai belum tentu ketiganya akan pasti mendukung Anies. Semua partai termasuk yang dekat dengan Anies masih akan memantau perkembangan elektabilitas Anies ke depannya.

Memang, Anies selalu masuk tiga besar kandidat terkuat sebagai capres bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berdasarkan hasil berbagai jejak pendapat pilpres yang dilakukan lembagai survei.

Namun, Anies masih memiliki kendala karena masa jabatannya sebagai Gubernur Jakarta akan habis Oktober 2022. Jika setelah lengser Anies minim melakukan manuver, kemungkinan elektabilitasnya malah akan merosot.

"Tetap saja ketiga partai itu masih akan menunggu elektabilitas Anies hingga 2024 nanti. Kuncinya hanya satu, yaitu elektabilitas. Jika elektabilitas Anies tingggi hingga menjelang pendaftaran capres ke KPU nanti, maka akan ada banyak partai-partai yang mendukungnya. Begitu juga sebaliknya," katanya.

Diketahui, pada 22 Januari lalu, Anies menghadiri dialog kebangsaan Nasdem di Makassar, Sulawesi Selatan. Lalu, Anies juga mendatangi acara PAN bertajuk "Zulhas Award" pada 29 Januari. Terakhir, Anies menghadiri peringatan hari lahir PPP di Yogyakarta pada 31 Januari lalu. [wartaekonomi]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: