logo
×

Rabu, 02 Februari 2022

Kemenkeu: Anggaran IKN Masih Tunggu Masterplan dari Pemerintah

Kemenkeu: Anggaran IKN Masih Tunggu Masterplan dari Pemerintah

DEMOKRASI.CO.ID - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan anggaran pembangunan ibu kota negara (IKN) baru tahap pertama di 2022 akan bergantung pada masterplan yang disiapkan oleh pemerintah.

"Bagaimana dukungan anggaran yang disiapkan Kementerian Keuangan tergantung dari masterplan untuk tahap pertama [pembangunan IKN]," kata Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara Made Arya Wijaya dalam diskusi virtual, Rabu (2/2/2022).

Lebih lanjut, Made menjelaskan APBN juga akan digunakan untuk mendanai pembangunan IKN mendatang. Dalam hal ini, penggunaan APBN akan difokuskan untuk pembangunan infrastruktur dasar dan Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP).

"Apakah nanti akan melalui realokasi belanja atau refocusing," jelas Made. 

Selain itu, pemerintah juga akan memanfaatkan pendanaan dari sumber non-APBN, seperti Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), investasi swasta, maupun BUMN. Barang Milik Negara (BMN) yang ada di DKI Jakarta pun juga akan dioptimalkan untuk menjadi salah satu sumber pendanaan pembangunan IKN.

"Sekarang ini tata kelola yang dimiliki pemerintah sudah ada aturan mainnya. Tinggal kita lihat jenis-jenis asetnya seperti apa sehingga pola pemanfaatannya nanti akan disesuaikan, apaka dikerjasamakan, pindah tangan dijual, atau digunakan pihak lain," tandasnya. [wartaekonomi]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: