logo
×

Rabu, 02 Februari 2022

‘Nama’ Prabowo Subianto Unggul dalam Berbagai Survey Capres 2024, Dinilai Tegas dan Berwibawa

‘Nama’ Prabowo Subianto Unggul dalam Berbagai Survey Capres 2024, Dinilai Tegas dan Berwibawa

DEMOKRASI.CO.ID - Sosok ketua umum partai Gerindra, Prabowo Subianto hingga saat ini, masih jadi top of mind dalam persepsi publik terkait bakal calon presiden dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Hal itu ditemukan dalam survei Trust Indonesia Research and Consulting yang dijelaskan  oleh Direktur eksekutif TRUST Indonesia Research and Consulting, Azhari Ardian. 

Nama Prabowo bahkan selalu unggul dengan poin cukup jauh hampir di berbagai survei. 

Menurut Azrhari, pemikiran responden masih melihat dan memilih sosok Menteri Pertahanan itu untuk maju sebagai calon presiden (capres) dalam pilpres 2024 mendatang. 

“Apa yang ada di kepala mereka (responden) kami tanyakan, dan ternyata masih menyatakan Prabowo Subianto yang masih tertinggi,” kata Azhari, dalam keterangannya, Rabu, 2 Februari 2022, dikutip dari viva.co.id. 

Merujuk pada data yang dipublikasikan dengan pertanyaan terbuka, Prabowo memperoleh 22,7 persen. 

Selanjutnya, ada Anies Baswedan dengan 14,7 persen, Ganjar Pranowo 11 persen, Joko Widodo 10,8 persen dan disusul Sandiaga Uno 6,7 persen.  

“Pak Prabowo itu 25 persen, disusul Anies Rasyid Baswedan dan Ganjar. Itu top three-nya ya kira-kira,” tuturnya 

Selain itu, survei juga mengukur 3 nama capres yang berpotensi dipilih rakyat untuk Pilpres 2024. Lagi-lagi nama Prabowo lebih unggul dengan 39,2 persen. 

Sementara, Anies Baswedan dapat 31,5 persen, serta Puan Maharani 8,4 persen. 

Dengan temuan itu, sosok Prabowo dianggap masih populer dan capres yang disukai  Kemudian, Trust Indonesia juga mengukur tingkat popularitas dan likeabilitas atau tingkat kesukaan masyarakat terhadap nama-nama capres yang disodorkan. 

Nama Prabowo ternyata masih unggul dengan popularitas 93,2 persen dan disukasi 72,2 persen.  

Kemudian, selain mengukur elektabilitas dan potensi keterpilihan, TRUST juga mengukur faktor yang jadi latar belakang responden memberikan penilaiannya terhadap sosok capres 2024. 

Berdasarkan hasil survei juga diketahui, mayoritas responden menganggap kewibawaan masih jadi urutan tertinggi yaitu 20,6 persen. 

Lalu dari dari sisi ketegasan dengan 19,9 persen, merakyat sebesar 12,1 persen serta pintar serta berpengalaman 10,4 persen. 

Menurut Azhari, sebagai jenderal purnawirawan TNI, Prabowo punya ketegasan dan wibawa. 

Ia juga menekankan momen sikap Prabowo yang mungkin dilihat publik yaitu saat memberikan hormat dan membantu Sri Mulyani Indrawati duduk sempurna di tengah undangan Rapat Dengar Pendapat (RDPU) dengan Komisi I DPR RI. 

Azhati menyebut, sikap Prabowo itu kemudian mendapatkan banyak pujian dari publik.  

Adapun survei Trust Indonesia dilakukan periode 3-12 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di seluruh Indonesia. 

Survei dilakukan dengan pendataan tatap muka serta menggunakan metodologi multistage sampling stage. Dalam survei, menghasilkan margin of error 2,83 persen. [terkini]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: